UI - Makalah dan Kertas Kerja :: Kembali

UI - Makalah dan Kertas Kerja :: Kembali

Register paranormal dalam program televisi paranormale kinderen suatu tinjauan sosiolinguistik dan semantik = Paranormal register on dutch television program paranormale kinderen a socio semantic study

Fina Andriani; Andrea Pradsna Paramita Djarwo, supervisor (Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2013)

 Abstrak

Bidang paranormal memiliki register tertentu yang digunakan oleh orang-orang yang terlibat dalam bidang tersebut. Register paranormal tidak hanya dipergunakan oleh orang dewasa, melainkan juga oleh anak-anak yang memiliki bakat paranormal. Hal ini ditemui pada salah satu program televisi Belanda, yaitu Paranormale Kinderen, sebuah program televisi yang menyoroti anak-anak yang memiliki bakat paranormal. Anak-anak yang memiliki bakat paranormal dalam program tersebut menggunakan register paranormal ketika berinteraksi dengan berbagai kalangan. Artikel ini bertujuan mendeskripsikan mengenai definisi paranormal, register paranormal yang digunakan ketika berinteraksi, dan proses pembentukan register itu sendiri. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan register yang digunakan dalam bidang paranormal banyak menyangkut sensitifitas panca indera anak-anak yang memiliki bakat paranormal, terutama indera penglihatan, yang melebihi sensitifitas indera orang normal pada umumnya. Kosa kata dalam register yang digunakan dalam bidang paranormal dibentuk oleh proses perubahan makna, perluasan dan penyempitan makna dasar kata yang digunakan. Jenis kata yang paling banyak mengalami perubahan makna adalah kata kerja dan kata benda. Adapun register tersebut paling banyak terbentuk dengan proses perluasan makna.

The Paranormal field has a certain register that is used by people involved. The register is not only spoken by adults, but also by children who are gifted as paranormals. This paper tends to identify the registers and especially its vocabulary employed in one of the Dutch television program, Paranormale Kinderen. It is a television program about problems among the paranormal children suited for all ages. The children use certain vocabulary when they interact with other people of various groups. The method which is used in this paper is the qualitative method. The study has found that the paranormal register involves generally many words that illustrate the sensitivity of sight sense which is beyond the sensitivity of people in common. The vocabulary - mostly verbs and nouns - has undergone semantic changes, namely the narrowing or widening changes. The widening changes appear to occure much more frequent than the narrowing changes.

 File Digital: 1

Shelf
 MK-Fina Andriani.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

Jenis Koleksi : UI - Makalah dan Kertas Kerja
No. Panggil : MK-Pdf
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Program Studi :
Subjek :
Penerbitan : Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2013
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan :
Tipe Konten :
Tipe Media :
Tipe Carrier :
Deskripsi Fisik : 21 hlm.
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
  • Sampul
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
MK-Pdf 11-24-59143838 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20352258
Cover