UI - Tugas Akhir :: Kembali

UI - Tugas Akhir :: Kembali

Faktor-faktor yang mempengaruhi gangguan konsep diri pada klien gagal ginjal kronis dengan tindakan dialisa

Hendria Putra; Sitorus, Ratna, supervisor (Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia, 2001)

 Abstrak

Gagal Ginjal Kronis (GGK) adalah hasil akhir dari kehilangan fungsi ginjal yang berangsur-angsur (progresif). Setiap klien dengan Gagai Ginjal Kronis dengan tindakan atau tanpa tindakan dialisa sering mengalami gangguan konsep diri terutama masalah citra tubuh dan harga diri yang berhubungan dengan krisis situasional, perubahan peranan akibat penyakit kronis tersebut (ME Doenges, 1993). Hal itu dipengaruhi oleh faktor internal (fisik, intelektual, emosional, sosial dan spiritual) dan faktor eksternal (keluarga/masyarakat/petugas kesehatan, biaya, peralatan yang memadai, cara pelaksanaan tindakan) (Kozier, 1995).
Oleh karena itu peneliti tertarik untuk mengidentifikasi sejauh mana faktor-faktor tersebut mempengaruhi gangguan konsep diri pada klien Gagal Ginjal Kronis dengan tindakan dialisa. Peneiitian ini menggunakan metoda deskriptif sederhana dengan cara menyebarkan kuesioner kepada 31 responden (klien GGK dengan tindakan dialisa yang mengalami gangguan konsep diri di Unit Hemodialisa RSCM Jakarta).
Setelah dilakukan pengumpulan dan pengolahan data didapatkan hasil sebagai berikut: dari 11 item pertanyaan tentang faktor internal, 58,1% responden berada pada rentang nilai 50-58 dengan nilai rata-ratanya 53,7, yang bermakna bahwa faktor internal berpengaruh terhadap gangguan konsep diri pada klien Gagal Ginjal Kronis dengan tindakan dialisa; dari 9 item pertanyaan tentang faktor eksternal, 83,9% responden berada pada rentang nilai 27-32 dengan nilai rata-ratanya 30,1, yang bermakna bahwa faktor eksternal cukup berpengaruh terhadap gangguan konsep diri pada klien Gagai Ginjal Kronis dengan tindakan dialisa.

 File Digital: 1

 Metadata

Jenis Koleksi : UI - Tugas Akhir
No. Panggil : TA5019
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Program Studi :
Subjek :
Penerbitan : Depok: Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia, 2001
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan :
Tipe Konten :
Tipe Media :
Tipe Carrier :
Deskripsi Fisik : vii, 42 hlm. : ill. ; 30 cm. + lamp.
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
  • Sampul
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
TA5019 16-20-018952573 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20352265
Cover