UI - Skripsi Open :: Kembali

UI - Skripsi Open :: Kembali

Evaluasi fungsi dan program public relations berbasis model Macnamara : studi pada Divisi Corporate Communications PT Kalbe Farma melalui dimensi input dan output

(Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2012)

 Abstrak

[Public Relations dewasa ini telah menjadi senjata penting bagi kesuksesan sebuah
perusahaan. Tidak hanya pada industri tertentu, melainkan PR ini bisa digunakan
di segala industri, dalam hal ini adalah industri farmasi. Sayangnya dari peran dan
fungsi PR yang dijalankan, pekerja PR jarang yang melakukan kegiatan evaluasi.
PT Kalbe Farma Tbk sebagai perusaahan farmasi terbesar di Indonesia menyadari
pentingnya peran dan fungsi PR bagi perusahaan dengan mendirikan divisi
corporate communications pada tahun 2010. Dengan berbasis model evaluasi PR
Macnamara, penelitian ini akan mengevaluasi program kegiatan PR pada dimensi
input dan output. Penelitian ini menggunakan paradigma post-positivis,
pendekatan kualitatif, dan penelitian ini bersifat deskriptif. Hasil dari penelitian
menunjukkan bahwa divisi corporate communications PT Kalbe Farma Tbk telah
menjalankan peran dan fungsi PR pada program kegiatannya dengan baik, di
mana peran yang dijalankan lebih berfokus sebagai fasilitator dan teknisi
komunikasi dan fungsi PR-nya yang berfokus sebagai media relations dan
internal relations. Hasil evaluasi pada dimensi input dan output mengatakan
bahwa program kegiatan yang dijalankan oleh divisi corporate communications
telah dijalankan dengan baik dan sesuai target. Namun dari pelaksanaan program
kegiatannya masih perlu ditingkatkan lagi demi keberhasilan program kegiatan
kedepannya., Public Relations nowadays has used as a crucial tools and strategy in many
companies. Not only in some industry, but PR can be applied in all kind of
industries, for this matter is pharmacy industry. However, the roles and functions
of PR that been used by the PR officer rarely measured with some evaluation
programmes. PT Kalbe Farma Tbk as the biggest company in pharmacy industry
in Indonesia aware of the important used of the roles and functions of PR by
adding a new department, that is corporate communications. By using Macnamara
evaluation PR model, this research will measures the PR programme that been
done by using input and output stages. This study utilizes post positivist pardigm
and descriptive qualitative approach. The result of this study demonstrates how
department corporate communications has been able to succesfull in performing
the role and function in every activities that has been done, whereas this corporate
more focusing on its role as technician and facilitator of communication and its
functions in media relations and internal relations. The result of the evaluation
demonstrates how in input and output, this department corporate communications
has been succesfully did all of the activities in accordance to the objectives.
However, the implementation of the role, function, and programs yet to be as its
best as it's still need to be increased.]

 File Digital: 1

 Metadata

Jenis Koleksi : UI - Skripsi Open
No. Panggil : S-Pdf
Program Studi :
Subjek :
Penerbitan : [Place of publication not identified]: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2012
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan :
Tipe Konten :
Tipe Media :
Tipe Carrier :
Deskripsi Fisik : xviii, 95 hlm. ; 28 cm. + lamp.
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
  • Sampul
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
S-Pdf TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20354631
Cover