Keberhasilan seorang mahasiswa dalam memahami materi perkuliahan dan mencapai kelulusan sangat ditentukan oleh proses belajarnya. Proses belajar ini dapat dilihat dari bagaimana mahasiswa tersebut memanfaatkan waktunya untuk belajar. Untuk mengefektifkan waktu belajar tersebut, mahasiswa harus mengefektifkan pula student engagegement-nya. Student engagement merupakan inisiasi dari tindakan, usaha, dan persistensi pemelajar dalam pekerjaan sekolah mereka juga keadaan emosional mereka secara keseluruhan selama aktifitas pembelajaran. Student engagement pada pemelajar ditandai dari adanya motivasi intrinsik dari pemelajar dalam proses belajarnya. Penting bagi pemelajar untuk menjalani proses belajar berdasarkan keinginan dan keputusannya sendiri. Kemampuan pemelajar untuk mendapatkan pengetahuan dan kemampuan melalui proses yang ditentukannya sendiri ini lah yang disebut sebagai student autonomy. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana hubungan antara student autonomy dengan student engagement pada mahasiswa. Metode pengambilan sample dalam penelitian ini menggunakan metode convenience sampling. Peneliti mengadaptasi alat ukur student autonomy dari Autonomous Learning Scale (Macaskill & Taylor, 2010) dan student engagement dari Student Course Engagement Quotient (Handelsman et al, 2005). Penelitian ini melibatkan 51 mahasiswa sebagai sampel penelitian. Hasil korelasi menunjukan terdapat hubungan yang positif dan signifikan, yaitu r = 0,560 antara student autonomy dan student engagement pada mahasiswa.
A college student‟s success in understanding study materials and achieving graduation is highly determined by his/her learning process. This learning process can be observed from how that college student spends his/her time for study. In order to optimize that study time, a college student should also optimize his/her student engagement. Student engagement is defined as student‟s initiation of action, effort, persistence on schoolwork, as well as their ambient emotional states during learning activities. Student engagement is indicated by the existence of intrinsic motivation within a student when taking his/her learning process. It is important for student to take his/her learning process according to his/her own will and decision. This student‟s capacity in gaining knowledge and skill by his/her own decision is known as student‟s autonomy. The purpose of this study is to know how far is the relationship between student autonomy and student engagement in college student. Researcher use convenience sampling as sampling method in this study. The adaptation of Autonomous Learning Scale (Macaskill and Taylor, 2010) is used as student autonomy instrument while the adaptation of Student Course Engagement Quotient (Handelsman et al, 2005) is used as student engagement instrument. This study involved 51 college students as research samples. The result shows that there is a positive and significant correlation, with r = 0,560, between student autonomy and student engagement in college student.