UI - Tugas Akhir :: Kembali

UI - Tugas Akhir :: Kembali

Pengembangan konsep diri remaja melalui pendidikan keterampilan hidup untuk mencegah seks bebas HIV/AIDS dan NAPZA di SMP "M" Cimanggis Depok = Adolescent self-concept enhancement through life skill education to prevent free sex, HIV/AIDS and NAPZA in Junior School "M" Cimanggis Depok

Widyoningsih; Sigit Mulyono, supervisor; Henny Permatasari, supervisor (Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia, 2012)

 Abstrak

Semakin tingginya angka seks bebas, HIV/AIDS, dan Napza pada remaja telah mendorong perhatian banyak pihak untuk melakukan upaya-upaya strategis untuk mengatasinya. Namun, hasilnya masih belum optimal. Salah satu hasil penelitian yang menjadi dasar kegiatan praktik mahasiswa dalam mengembangkan konsep diri remaja di SMP M Cimanggis Depok adalah bahwa pelatihan ketrampilan hidup telah berhasil meningkatkan kemampuan remaja untuk bertahan dari pengaruh narkoba. Karena itu, perawat mencoba menggabungkan antara pengembangan konsep diri remaja dan pendidikan ketrampilan hidup untuk meningkatkan konsep diri siswa. Hasil yang diperoleh menunjukkan adanya peningkatan nilai rata-rata pada post test untuk konsep diri sebesar 2,3%; gambaran diri 0,7%; harga diri 5,1% dan ideal diri 0,96%. Hal ini menunjukkan bahwa program pengembangan diri melalui pemberian ketrampilan hidup dapat dilakukan untuk meningkatkan konsep diri siswa.

Increasingly high rate of free sex, HIV / AIDS, and drugs in adolescents has prompted the attention of many people to make strategic efforts to overcome them. However, the results are still not optimal. One of the efforts is the development of adolescent self-concept. One of the basic research results into practical activities of students in developing self-concept adolescents in junior Scool "M" Cimanggis Depok is that life-skills training have increased ability to withstand the impact of adolescent substance abuse. Therefore, the nurse tried to combine the development of adolescent self-concept and life skills education to enhance students' self-concept. The results obtained indicate an increase of the average of self-concept 2,3%; body image 0,7%; self esteem 5,1% dan self-ideal 0,96% at post test. This suggests that self-development program through the of life skills education could enhance students' self-concept.

 File Digital: 1

Shelf
 TA-Widyoningsih.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

Jenis Koleksi : UI - Tugas Akhir
No. Panggil : SP-Pdf
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Program Studi :
Subjek :
Penerbitan : Depok: Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia, 2012
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan :
Tipe Konten :
Tipe Media :
Tipe Carrier :
Deskripsi Fisik : xi, 97 hlm. ; 28 cm. + lamp.
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
  • Sampul
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
SP-Pdf 16-24-62943250 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20358842
Cover