UI - Tugas Akhir :: Kembali

UI - Tugas Akhir :: Kembali

Hubungan dukungan suami secara fisik dan emosional terhadap kecemasan istri saat proses persalinan di RSAB Harapan Kita Jakarta

(Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia, 2006)

 Abstrak

Proses persalinan merupakan saat yang menegangkan dan rnencemaskan bagi wanita dan keluarga. Dukungan yang terus-menerus dari orang terdekat akan menurunkan kecemasan tersebut. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui hubungan antara dukungan suami secara fisik dan emosional dengan kecemasan istri saat persalinan.
Pengambilan data dilakukan di ruang nifas RSAB Harapan Kita pada tanggal 5-19 Dcsember 2006, dengan jum!ah responden 38 ibu post partum yang menjalani persalinan normal dan ditunggui suami saat melahirkan. Penelitian bersifat desluiptif korelatjf dengan lehnik pengambilan sampel purposive sampling. Data diperoleh dengan menyebarkan kuisioner pada responden. Metode penelilian menggunakan pendekatan Chi- square dengan tingkat kemaknaan a= 0,05. Hasil penelitian menunjukkan hasil yang mendapal dukungan tinggi secara fisik dari suami sebcsar 50%, sedangkan dukungan tinggi secara emosional dari suami sebesar 47%. Kecemasan yang dialami istri saat proses persalinan dengan cemas ringan 32%, cemas sedang 50%, dan cemas berat 18%. Kesimpulan hasil penelitian tidak ada hubungan dukungan suami secara fisik lerhadap kecemasan istri saat persalinan (p value = 0,74S). Dan tidak ada hubungan dukungan suami secam emosional terhadap keoemasan istri saat persalinan (p value = 0,986).

 File Digital: 1

Shelf
 LP-Puji Lestari.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

Jenis Koleksi : UI - Tugas Akhir
No. Panggil : TA5508
Program Studi :
Subjek :
Penerbitan : [Place of publication not identified]: Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia, 2006
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan :
Tipe Konten :
Tipe Media :
Tipe Carrier :
Deskripsi Fisik : xi, 45 hlm. : ill. ; 28 cm. + lamp.
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
  • Sampul
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
TA5508 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20361734
Cover