UI - Tugas Akhir :: Kembali

UI - Tugas Akhir :: Kembali

Gambaran faktor-faktor yang mempengaruhi ansietas Mahasiswa Reguler FIK UI angkatan 2003 dalam menghadapi tahap pendidikan profesi.

(Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia, 2007)

 Abstrak

Kesenjangan kurikulum dan kontrasnya perbedaan lama waktu belajar antara tahap akademik dan tahap profesi dalam kurikulum Pendidikan Ners, kerap menimbulkan ansietas di kalangan mahasiswa tahap akademik tingkat akhir dalam transisi menuju tahap profesi. Penelitian bertujuan untuk mengetahui gambaran faktor-faktor yang mempengaruhi terjadinya ansietas mahasiswa reguler FIK UI angkatan 2003 dalam menghadapi tahap pendidikan profesi.
Penelitian menggunakan desain deskriptif sederhana dengan teknik pengambilan sampel secara acak sederhana (Sbnple Random Sampling). Sampel sebanyak 48 responden diambil pads minggu kedua Mei 2007. Hasil penelitian menggambarkan, dari 48 responden sebanyak 46 orang (95,8%) menyatakan faktor yang paling mempengaruhi terjadinya ansietas dalam menghadapi tahap profesi adalah; Tidak terampil dalam melakukan intervensi klinik. Penelilian tentang tingkat ansietas dalam menghadapi tahap profesi menunjukkan 44 responden (91,7 %) mengalami ansietas berat, 3 responden (6,3 %) mengalami panik, dan I responden (2 %) mengalami ansietas sedang. Berdasarkan hasil penelitian rekomendasi bagi pengelola pendidikan adalah melakukan evaluasi terhadap sistem akademik Serta tetap menitikberatkan aspek kognitif dalam setiap proses pembelajaran dengan tidak meninggalkan aspek psikomotor (clinical skiI)

 File Digital: 1

Shelf
 LP-Rian Pravita.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

Jenis Koleksi : UI - Tugas Akhir
No. Panggil : TA5593
Program Studi :
Subjek :
Penerbitan : [Place of publication not identified]: Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia, 2007
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan :
Tipe Konten :
Tipe Media :
Tipe Carrier :
Deskripsi Fisik : ix, 54 hlm. : ill. ; 28 cm. + lamp.
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
  • Sampul
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
TA5593 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20362183
Cover