UI - Tugas Akhir :: Kembali

UI - Tugas Akhir :: Kembali

Faktor-faktor yang mempengaruhi penggunaan alat pelindung telinga pada pekerja PT. Pertamina Gresik

Risa Ismadewi; Sigit Mulyono, supervisor (Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia, 2005)

 Abstrak

Kebisingan pada lingkungan kerja menjadi masalah utama pada kesehatan para pekerja di berbagai negara. Berdasarkan hasil survei yang dilakukan oleh Hendramin di tahun 2000 pada Manufacturing Plant Pertamina dan dua pabrik es di Jakarta, memperoleh hasil bahwa terdapat gangguan pendengamn pada 50% jumlah pekerjanya.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi pekerja dalam penggunaan Alan Pelindung Telinga (APT). Desain penelitian yang digunakan adalah deskripsi sederhana. Responden penelitian sebanyak 79 pekerja pada PT.Pertamina Gresik yang telah bekerja lebih dari 1 tahun pada lingkungan kerja felling dan blending yang tingkat bising suara kurang dari 85 dB dan lebih dari 85 dB. Metode pengambilan sampel yang digunakan adalah cross sectional. Penelitian menggunakan instrumen berupa kuesioner.
Hasil analisis bivariat menunjukkan adanya hubungan yang bermakna antara tingkat pengetahuan dengan perilaku penggunaan APT (p value=0,000; α=0,05), selain itu fasilitas yang tersedia juga memberikan hubungan yang bermakna pada perilaku menggunakan APT ( p value = 0024; α= 0.05). Berdasarkan hasil penelitian tersebut, maka peneliti merekomendasikan kepada perusahaan untuk memberikan pelatihan dan penyuluhan APT.

Noisy work environment is a mayor problem in the health work in many countries. Based an the results of a survey conducted by Hendramin in 2000, in the manufacturing Plant Pertamina and two ice factories in Jakarta, find a results that there is interference in the hearingin 50% of workers.
This research aims to find out what factors affect the use of Hearing ear protectors (APT). Research design was a simple describtion. Respondents of this research are 79 workers at PT Pertamina Gresik work that already worked over 1 year in felling and blending environment with noisy sound level below 85 dB and over 85 dB. Sampling method was cross sectional. Questionnaires are used for this research.
Bivariat analysis results indicate the existence of a meaningfull relationship between level of knowledge with the use of APT (p value = 0000, α = 0. 05), in addition to the facilities available also provides a meaningful relationship to the behavior of the APT (p value =0024; α = 0.05). Based on the results, researchers recommend the company to provide APT training and counseling for the workers.

 File Digital: 1

Shelf
 LP-Risa Ismadewi.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

Jenis Koleksi : UI - Tugas Akhir
No. Panggil : TA5741
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Program Studi :
Subjek :
Penerbitan : Depok: Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia, 2005
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan :
Tipe Konten :
Tipe Media :
Tipe Carrier :
Deskripsi Fisik : xi, 43 hlm. ; 28 cm. + lamp.
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
  • Sampul
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
TA5741 16-24-74760877 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20362284
Cover