UI - Tugas Akhir :: Kembali

UI - Tugas Akhir :: Kembali

Tingkat kecemasan keluarga klien di ruang resusitasi unit gawat darurat Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo

Martin Hartiningsih; Ida Rosidah; Murtiwi, supervisor (Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia, 2005)

 Abstrak

Ruang resusitasi adalah ruang tindakan untuk menghidupkan atau memulihkan kembali kesadaran seseorang yang tampaknya mati sebagai akibat berhentinya iimgsi jantung dan paru yang berorientasi pada otak. Setiap keluarga yang masuk ruang resusitasi ini tampak mengalami kecemasan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendapatkan gambaran tentang tingkat kecemasan keluarga di ruang resusitasi unit gawat darurat RS Cipto Mangunkusumo.
Desain penelitian yang digunakan adalah deskriptif sederhana. Populasi penelitian ini adalah keluarga klien yang di ruang resusitasi unit gawat darurat dengan kriteria suami, istri, ibu, ayah dan anak dengan jumiah 35 keluarga klien. Data primer dikumpulkan menggunakan skala Likert dengan hasil uji reabilitas. Analisa data dilakukan secara uni variat untuk mengetahui distribusi frekuensi dau prosentase tingkat kecernasan keluarga klien di ruang resusitasi unit gawat darurat.
Penelitian menunjukkan proporsi keluarga klien yang terbanyak adalah perempuan pendidikan terbanyak adalah SLTA, berumur antara 31 - 45 tahun, separuhnya tidak bekerja dan mempunyai hubungan sebagai anak.
Kesimpulan dari penelitian ini adalah hampir semua keluarga klien yang masuk ruang resusitasi unit gawat darurat mengalami kecemasan berat (52,9%) dan panik (17,1%). Penyebab yang sangat berpengaruh terhadap kecemasan keluarga klien di ruang resusitasi ini adalah kondisi klien dan kesibukan petugas.
Peningkatan yang disarankan untuk tenaga kesehatan khususnya perawat, dengan mengetahui tingkat kecemasan keluarga di ruang resusitasi ini tenaga perawat dapat memberikan asuhan keperawatan dan melakukan komunikasi terapeutik sehingga kecemasan keluarga klien dapat diminimalkan

 File Digital: 1

 Metadata

Jenis Koleksi : UI - Tugas Akhir
No. Panggil : TA5378
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Program Studi :
Subjek :
Penerbitan : Depok: Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia, 2005
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan :
Tipe Konten :
Tipe Media :
Tipe Carrier :
Deskripsi Fisik : v, 32 hlm. ; 28 cm. + lamp.
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
  • Sampul
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
TA5378 16-23-03512753 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20362979
Cover