UI - Tugas Akhir :: Kembali

UI - Tugas Akhir :: Kembali

Tingkat kecemasan pasien lansia yang dirawat di instalasi rawat inap RSUD Serang

(Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia, 2004)

 Abstrak

Klien lansia yang dirawat di Rumah Sakit akan mengalami perubahan pada kondisi psikologisnya, yang disebut dengan anxietas atau kecemasan. Anxietas adalah ketakutan/kekhawatiran yang tidak jelas yang terjadi secara alami berhubungan dengan perasaan ketidakpastian dan keridakberdayaan, terisolasi, merasa asing serta tidak aman.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kecemasan pada klien lansia yang dirawat di Rumah Sakit. Desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif sederhana dengan menggunakan 30 orang responden, dengan kriteria para lansia yang telah dirawat 3 hari di rumah sakit, bisa baca dan menulis serta bersedia menjadi responden dengan menandatangani informed consent. Untuk mengumpulkan data peneliti menggunakan instrument penelitian berupa kuisioner. Setelah data terkumpul, data diolah dan dianalisa dengan menggunakan statistik sederhana. Hasilnya sebagian responden: mengalami kecemasan ringan - sedang yaitu sebanyak 46,67 %, tidak ditemukan kecemasan berat - panik.
Peneliti menyimpulkan sebagian besar responden yang dirawat di rumah sakit mengalami cemas ringan sampai sedang. Peneliti juga memberikan rekomendasi pada peneliti selanjutnya untuk melakukan penelitian Iagi dengan jumlah responden yang lebih besar dan pada berbagai rumah sakit, sehingga data yang diperoleh lebih akurat dan dapat digeneralisasikan. Peneliti juga menberikan saran kepada rumah sakit terkait supaya diadakan ruangan rawat khusus bagi para lansia.

 File Digital: 1

Shelf
 LP-Ade Supriatini.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

Jenis Koleksi : UI - Tugas Akhir
No. Panggil : TA5395
Program Studi :
Subjek :
Penerbitan : [Place of publication not identified]: Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia, 2004
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan :
Tipe Konten :
Tipe Media :
Tipe Carrier :
Deskripsi Fisik : iv, 41 hlm. ; 28 cm. + lamp.
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
  • Sampul
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
TA5395 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20362983
Cover