UI - Tugas Akhir :: Kembali

UI - Tugas Akhir :: Kembali

Faktor internal yang mempengaruhi partisipasi ibu yang mempunyai balita datang ke Posyandu di RW. 03 Ciambar, Sukabumi Tahun 2006

(Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia, 2006)

 Abstrak

Partisipasi atau peran serta adalah suatu proses individu atau keluarga bertanggung jawab atas kesehatan, kesejahteraan diri, keluarga dan masyarakat, berkembang kemampuannya untuk berkontribusi dalam pembangunan keschatan.
Tingkat pcngetahuan, sikap mental, tingkat kebutuhan individu, tingkat ketcrikatan dalam kelompok dan tingkat kemampuan sumer daya adalah merupakan faktor internal yang mempcngaruhi partisipasi ibu balita datang ke posyandu. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor internal yang mempengaruhi partisipasi ibu yang mémpunyai balita datang ke posyandu. Desain penelitian ini menggunakan deskriptif sederhana dan pengambilan sampel dengan menggunakan total sampling. Sampel sebanyak 78 responden diambil pada minggu ke dua november 2005. Hasil penelitian mcnggambarkan dari 78 orang responden sebanyak 41 orang (52,6%) mempunyai tingkat partisipasi yang tinggi dan sebanyak 37 orang (47,4%) mempunyai tingkat partisipasi yang rendah. Tinggi dan rendahnya tingkat partisipasi sebagai factor internal akan mempcngaruhi ibu yang mempunyai balita untuk datang ke posyandu. Berdasarkan hasil penelitian tersebut maka saran yang dapat diberikan adalah mcningkatkan penyuluhan secara berkala dan berkesinambungan dan mengembangkan kemampuan kader dengan pelatihan-pelatihan, peneliti selanjutnya dapat menggali lebih lanjut faktor Iain yang mempengaruhi partisipasi ibu balita datang ke posyalidu dengan tchnik pengambilan sampel terhadap sernua kategori ibu balita dan posyandu sehingga dapat digeneralisasikan.

 File Digital: 1

Shelf
 LP-Uus Kuswara.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

Jenis Koleksi : UI - Tugas Akhir
No. Panggil : TA5529
Program Studi :
Subjek :
Penerbitan : [Place of publication not identified]: Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia, 2006
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan :
Tipe Konten :
Tipe Media :
Tipe Carrier :
Deskripsi Fisik : viii, 36 hlm. : ill. ; 28 cm. + lamp.
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
  • Sampul
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
TA5529 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20363006
Cover