UI - Tugas Akhir :: Kembali

UI - Tugas Akhir :: Kembali

Tingkat pengetahuan pengunjung rumah sakit terhadap pentingnya tindakan mencuci tangan di ruang rawat penyakit dalam Rumah Sakit Umum Pusat Nasional Cipto Mangunkusumo

(Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia, 2003)

 Abstrak

Infeksi nosokomial merupakan infeksi yang didapat oleh pasien, pengunjung rumah sakit bahkan petugas kesehatan yang berada di rumah sakit. Di Amerika Serikat, insiden infeksi nosokomial kira-kira 5%. Sementara di Indonesia, menurut Kamal (1998) mengatakan bahwa prevalensi infeksi ini lebih besar terjadi di rumah sakit pendidikan.
Penelitian sebelumnya menyimpulkan bahwa pengunjung rumah sakit mempunyai andil dalam penyebaran infeksi nosokomial. Penyebaran infeksi dapat dicegah dengan memutus rantai penyebaran infeksi, Salah satu yang paling murah adalah mencuci tangan. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi sejauh mana tingkat pengetahuan pengunjung rumah sakit terhadap pentingnya mencuci tangan sebelum dan sesudah mengunjungi rumah sakit. Desain yang digunakan adalah desain deskriptif dengan jumlah sampel sebanyak 27 responden. Hasil yang diperoleh ternyata tingkat pengetahuan responden tentang mencuci tangan adalah tinggi, sebanyak 59,3% dengan nilai 2 80. Dari hasil penelitian, peneliti merekomendasikan perlu adanya penelitian yang lebih lanjut tentang hubungan antara tingkat pengetahuan dengan perilaku mencuci tangan secara kualitatif, pengadaan sarana untuk mencuci tangan bagi pengunjung rumah sakit.

 File Digital: 1

Shelf
 LP-Denny Paul Ricky.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Kata Kunci

 Metadata

Jenis Koleksi : UI - Tugas Akhir
No. Panggil : TA5146
Program Studi :
Subjek :
Penerbitan : [Place of publication not identified]: Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia, 2003
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan :
Tipe Konten :
Tipe Media :
Tipe Carrier :
Deskripsi Fisik : vii, 48 hlm. ; 28 cm. + lamp.
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
  • Sampul
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
TA5146 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20363107
Cover