UI - Tugas Akhir :: Kembali

UI - Tugas Akhir :: Kembali

Hal-hal yang diharapkan pasien Ortopedi dari perawat yang dapat meningkatkan kemandirian mobilisasi berjalan dengan memakai alat bantu berjalan di Rumah Sakit Fatmawati Jakarta Selatan

Muh. Nurdin Sahlan; Sitorus, Ratna, supervisor (Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia, 2001)

 Abstrak

Resiko terjadinya peningkatan kecelakaan lalulintas adalah dampak dari meningkatnya mobilisasi penduduk, salah satu akibat dari kecelakaan Ialulintas adalah terjadinya fraktur. Program perawatan yang penting bagi pasien dengan fraktur adalah mobilisasi operasi atau bed rest lama karena dapat mencegah kontraktur dan memperoepat penyembuhan fraktur sehingga keinginan untuk dapat kembali berjalan bagi pasien ortopedi adalah merupakan suatu harapan besar.
Perawat adalah salah satu motivator untuk meningkatkan kemandirian mobiiisasi berjalan bagi pasien dengan fraktur tidak melakukan berjalan. Memperhatikan hal tersebut peneliti tertarik untuk mengidentifikasi hal-hal yang diharapkan pasien dari perawat yang dapat meningkatkan kemandirian mobilisasi berialan pasien ortopedi yang memakai alat bantu berjalan dri segi informasi dan ketranpilan.
Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan cara menyebarkan kuesioner kepada 30 orang responden pasien ruang satu poliklinik ortopedi RSUP Fatmwati Jakarta.
Setelah dilakukan pengumpulan dan pengolahan data terhadap 30 kuesionr didapatkan hasil sebagai berikut 1 dari 11 item pertanyaan mengenai informasi yang diharapkan pasien dariperawat sangat mengharapkan informasi darl perawat terutama untuk meningkatkan kemandirian mobilisasi berjalan dengan memakai alat bantu berjalan. Secara rata-rata seluruh jawaban responden memperoleh nili 40,6 yang juga bermakna bahwa rata-rata pasien sangat mengharapkan informasi tersebut. Dari 7 item pertanyaan mengenai keterampilan perawat 50% pasien berada pada rentang nilai antara 27-30 yang bermakna bahwa pasien mengharapkan ketrampilan yang baik dari perawat saat memberikan pelayanan keperawatan bagi pasien ortopedi dalam menggunakan alat bantu berjalan.
Kesimpulan dari hasil penelitian ini adalah bahwa informasi dan keterampilan yang baik dari perawat sangat diperlukan pasien ortopedi agar dapat meningkatkan kemandirian mobilisasi berjalan dengan memakai alat bantu berjalan sehingga dapat menimbulkan kepuasan dan kepercayaan pasien terhadap asuhan keperawatan. Dengan semakin meningkatnya kepuasan pasien maka akan semakin meningkatkan kepercayaan masyarakat terhadap profesi keperawatan.

 File Digital: 1

 Kata Kunci

 Metadata

Jenis Koleksi : UI - Tugas Akhir
No. Panggil : TA4972
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Program Studi :
Subjek :
Penerbitan : Depok: Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia, 2001
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan :
Tipe Konten :
Tipe Media :
Tipe Carrier :
Deskripsi Fisik : iv, 31 hlm. ; 28 cm. + lamp.
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
  • Sampul
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
TA4972 16-20-613765512 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20363788
Cover