Tesis ini membahas efektifitas terapi musik dalam menurunkan dismenore pada siswi SMK Putra Bangsa Depok tahun 2013, menggunakan desain eksperimen pretest-posttest dengan grup kontrol. Sampel berjumlah 60 orang yang terdiri dari 30 orang kelompok kontrol yang mendapat terapi musik pop dan 30 orang kelompok intervensi yang mendapat terapi musik Mozart. Penurunan dismenore diukur menggunakan metode self-reported, wawancara dan observasi dan dilakukan sebanyak dua kali.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat konsistensi dalam pengukuran dan tidak ada perbedaan penurunan dismenore pada setiap pengukuran. Terdapat perbedaan rata-rata dismenore sebelum dan sesudah terapi musik, baik musik Mozart maupun musik pop. Terapi musik pop lebih baik dalam menurunkan dismenore pada remaja. Sehingga dapat disarankan bahwa penggunaan terapi musik pilihan oleh responden (musik pop) pada remaja sangat efektif dalam menurunkan dismenore pada remaja dibandingkan dengan musik Mozart.
This thesis discusses the effectiveness of music therapy in reducing the dysmenorrhea at female student in SMK Putra Bangsa Depok 2013, use experimental pretest-posttest with a control group’s design. Total sample of this study is 60 people consisting of 30 control group that received pop's music therapy and 30 intervention group that received Mozart’s music therapy. Reduction in dysmenorrhea measured twice.The results showed that there are consistency in measurement and no difference in every measurement. There are a differences in the average dysmenorrhea before and after music therapy, both Mozart's music and pop's music. Pop's music therapy better in reducing dysmenorrhea in adolescents. So it can be suggested that the use of music therapy is preferred by respondents (pop music) more effective in reducing the dysmenorrhea in adolescents than Mozart's music