ABSTRAKTesis ini meneliti mengenai mengenai konsep teori pembentukan BLU di
Indonesia dan menilai bagaimana penerapan public accountability pada BLU
perguruan tinggi dengan mengambil pembanding universitas-universitas yang
memiliki reputasi kelas dunia pada negara Amerika Serikat, Inggris dan Australia.
Tujuan penelitian ini untuk memahami konsep teori pembentukan BLU di
Indonesia dan menilai perbandingan atas penerapan public accountability pada
BLU perguruan tinggi dengan perguruan tinggi pembanding sehingga didapatkan
kesimpulan yang diharapkan dapat menjadi saran perbaikan untuk meningkatkan
public accountability BLU perguruan tinggi. Penelitian ini adalah penelitian
deskriptif kualitatif. Dari penelitian ini didapatkan kesimpulan bagaimana praktik
public accountability terbaik sebagaimana diterapkan oleh University of
California, sementara pada sampel perguruan tinggi BLU di Indonesia masih
kurang memadai. Untuk itu perlu dilakukan perbaikan kepada perguruan tinggi
dan regulatornya di Indonesia.
ABSTRACTThis thesis examines the theory of the building concept of BLU in Indonesia and
assess how the implementation of public accountability on BLU college by taking
comparator universities that have a world class reputation in the United States,
Britain and Australia. The purpose of this study was to understand the building
concept of special agencies in public sector (BLU) in Indonesia and assess the
comparison of the application of public accountability on BLU colleges and
universities so that it was concluded that the comparison can be expected to
suggest improvements to enhance public accountability in BLU college. This
research is descriptive qualitative research. From this study it was determined how
public accountability best practices as applied by the University of California ,
while on a college sample BLU in Indonesia is still inadequate. It is necessary for
repairs to the college and its regulators in Indonesia.