ABSTRAKPenelitian ini bertujuan memahami jenis metafora dan perbedaan ranah sumber metafora yang digunakan dalam deskripsi istilah bidang kajian genetika pada tiga buku ajar biologi SMA online dengan pengarang yang berbeda. Sumber data dalam penelitian ini adalah buku ajar biologi online untuk pelajar SMA kelas XII pada situs http://bse.kemdikbud.go.id. Data dipilih secara purposive yaitu metafora dalam deskripsi istilah pada pembahasan Materi Genetika. Jenis ungkapan metaforis paling dominan dalam deskripsi istilah terpilih berdasarkan teori Lakoff dan Johnson (1980) adalah metafora struktural yang menunjukkan penggambaran suatu konsep dengan menggunakan konsep lain guna mempermudah pemahaman. Mengacu pada teori Moeliono (1989), jenis majas yang sering digunakan untuk membantu pemahaman deskripsi istilah adalah simile dan personifikasi. Ranah sumber bersifat konvensional yang dominan digunakan dalam ketiga buku ajar terpilih adalah BAHASA. Buku ajar karangan Kistinnah dan Lestari (2009) lebih banyak memanfaatkan beragam konsep ranah sumber berupa benda-benda konkret yang dekat dengan pengalaman sehari-hari siswa seperti konsep BANGUNAN, OTAK, MESIN, dan MAKANAN. Sedangkan buku ajar karangan Rochmah, Widayanti, dan Miah (2009) serta karangan Sembiring dan Sudjino (2009) kurang mengeksplorasi ranah sumber yang bersifat konkret. Semakin dikenal (familiar) dan konkret sebuah konsep ranah sumber semakin dapat membantu siswa memahami deskripsi istilah dalam materi ajar terpilih.
ABSTRACTThis study observes types of and source domains of metaphors used in terminological description of genetics from three standard and acknowledged online biology textbooks for twelfth (XII) grade students on website http://bse.kemdikbud.go.id. The conceptual metaphors are purposively reduced and classified based on framing of particular and fundamental topic in Genetics: Genetic Material. The most dominant type of metaphor in the terminological descriptions on the basis of Lakoff and Johnson’s theory (1980) is structural metaphor which applies particular source domain inference pattern to understand an abstract concept. Based on Moeliono’s theory of metaphor in broad sense (1989), figure of speech mostly used in understanding terminological description are simile and personification. Conventional source domain dominantly found in the selected textbooks is LANGUAGE. Online textbook composed by Kistinnah and Lestari (2009) applies the most varied source domain on the basis of concrete entities and embodied in students’ daily experience and understanding, for instance concept of BUILDING, BRAIN, MECHINE, and FOOD. Meanwhile, online textbooks composed by Rochmah, Widayanti, and Miah (2009) and also Sembiring and Sudjino (2009) are lack of exploring concrete concept of source domain. The more familiar and concrete a concept of source domain is selected, the more understandable a terminological description is.