ABSTRAKTesis ini membahas tentang faktor-faktor yang mempengaruhi loyalitas di industri
perbankan, di tengah persaingan industri perbankan yang semakin ketat.
Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan pengolahan data primer
menggunakan metode SEM. Penelitian ini menggunakan 3 bank sebagai studi
kasus. Hasil penelitian menjelaskan bahwa responden memiliki pandangan yang
berbeda dalam pemilihan bank dan setiap bank yang diuji memiliki strategi
masing-masing dalam menciptakan loyalitas konsumen. Hasil uji hipotesis
penelitian menjelaskan bahwa variabel antecedent yang dapat mempengaruhi
loyalitas adalah service quality dan relationship quality. Kedua variabel tersebut
berperan penting dalam menciptakan relationship satisfaction.
ABSTRACTThis thesis explained about factors that influence loyalty in banking industry, in
the middle of banking industry competition. This study is quantitative research
which using SEM to cultivate primary data. This research used 3 banks as case
study. The result explained that respondent had their own view in bank choice and
each bank had their own strategy to create customer loyalty. The result also
explained that antecedent variables which influenced loyalty are service quality
and relationship quality. Both variables had great impact to relationship
satisfaction.