UI - Tesis Membership :: Kembali

UI - Tesis Membership :: Kembali

Perencanaan strategi pemasaran pada balairung hotel jakarta = marketing strategy planning at jakarta balairung hotel / Rizki Hirzania

Rizki Hirzania; Tengku Ezni Balqiah, supervisor; Nurdin Sobari, examiner; Ahdia Amini, examiner ([Publisher not identified] , 2014)

 Abstrak

ABSTRAK
Balairung Hotel Jakarta merupakan salah satu etnik hotel, yang bertaraf internasional
di Jakarta. Jumlah kunjungan wisatawan ke Jakarta yang kian meningkat, tidak
diimbangi dengan jumlah tamu yang menginap di Balairung Hotel Jakarta terutama
pada saat weekend dan hari libur, yang disebabkan oleh banyaknya jumlah hotel di
Jakarta. Sehingga pihak manajemen perlu meninjau kembali strategi pemasarannya.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi pemasaran yang diterapkan oleh
Balairung Hotel Jakarta dan menemukan alternative strategi untuk menaikkan tingkat
hunian Balairung Hotel Jakarta.
Metode penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus,.
Analisa lingkungan perusahaan dengan analisis SWOT, analisis lingkungan eksternal
menggunakan matriks EFE dan lingkungan internal menggunakan matriks IFE, kedua
hasil analisis digabungkan dalam matriks IE. Responden dalam penelitian ini meliputi
manajemen puncak yang berjumlah tujuh orang yang membawahi tiap tiap divisi
pada organisasi Balairung Hotel Jakarta.
Hasil analisis faktor lingkungan eksternal dan faktor lingkungan dalam matriks IE
menunjukkan Balairung Hotel Jakarta berada pada posisi kuadran I yaitu tumbuh
dan berkembang (grow and develop). Alternatif strategi pemasaran yang bisa
diterapkan adalah strategi penetrasi pasar, pengembangan pasar, dan pengembangan
produk.

ABSTRACT
Jakarta Balairung Hotel is one of the ethnic hotels considered as an international
level hotel located in Jakarta. The number of visitors which is increasing rapidly
moreover when it comes to the weekends and holidays is as unequal as the
number of guests who stay in Jakarta Balairung Hotel. This condition is caused by
the numerous hotels located in Jakarta. Therefore, the management party of
Jakarta Balairung Hotel needs to re-observe the marketing strategy is being used.
This research aims to examine the marketing strategy applied by Jakarta
Balairung Hotel’s management and find out the alternative marketing strategy and
marketing plan to increase the number of customers in Jakarta Balairung Hotel.
This research uses a qualitative research method with case study as the approach.
The result of company environmental analysis by using SWOT analysis method
will be combined in IE matrix with the analysis of external environmental factors
by using EFE matrix and the analysis of internal environmental factors by using
IFE matrix. The respondents of this research are the top managements with the
total number of seven persons. Each person is responsible for each division in
organizational structure of Jakarta Balairung Hotel.
The result of external and internal environmental factors analysis in IE matrix
shows that Jakarta Balairung Hotel is stated in quadrant I which belongs to the
‘grow and develop’ level. The alternative marketing strategy that can be applied
in Jakarta Balairung Hotel is market penetration strategy, market development
strategy, and product development strategy.

 File Digital: 1

Shelf
 T-Rizki Hirzania.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

Jenis Koleksi : UI - Tesis Membership
No. Panggil : T-Pdf
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Program Studi :
Subjek :
Penerbitan : [Place of publication not identified]: [Publisher not identified], 2014
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan : LibUI ind rda
Tipe Konten : text
Tipe Media : computer
Tipe Carrier : online resource
Deskripsi Fisik : xi, 106 pages : illustration ; 28 cm + appendix
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
  • Sampul
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
T-Pdf TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20365398
Cover