ABSTRAKTujuan karya akhir ini adalah mengusulkan penerapan strategy map untuk unit
kredit Bank ABC menggunakan strategy objectives yang dibagi menjadi empat
perspektif dalam balanced scorecard. Balanced scorecard digunakan untuk
menunjukan bahwa penilaian unit kredit bank ABC tidak dapat dinilai dari sisi
keuangan saja, tetapi dengan empat perspektif Balanced Scorecard yaitu
keuangan, pelanggan, proses bisnis internal, serta pertumbuhan dan pembelajaran.
Usulan penerapan balanced scorecard harus didukung oleh top management yang
berkomitmen, dalam hal ini adalah komite kredit dalam memajukan unit kredit
agar menjadi tulang punggung bagi bank ABC
ABSTRACTThe purpose of this thesis is to propose the application of strategy map for
credit unit Bank ABC with using strategy objectives which are divided into four
perspectives in the balanced scorecard. Balanced Scorecard is used to indicate that
the credit ratings of bank ABC unit can not be assessed only from the financial
side, but with four Balanced Scorecard perspectives, namely financial, customer,
internal business processes, and learning and growth. Proposed application of the
balanced scorecard should be supported by top management who committed for
improve credit unit, in this case it is a credit committee must improve unit credit
to become the backbone of bank ABC