BAGIAN 1
Analisis Situasi
Sejarah yang sudah terlanjur dianggap membosankan serta gempuran kebudayaan asing yang masuk, membuat banyak remaja Indonesia tidak tertarik untuk mempelajari sejarah dan kebudayaan negaranya sendiri. Media massa yang punya peran besar dalam mengedukasi masyarakat pun hanya sedikit yang mengangkat kedua tema tersebut menjadi program rutin. Padahal sejarah dan kebudayaan adalah hal penting yang harus diketahui oleh anak bangsa. Oleh karena itu, mereka membutuhkan informasi yang mampu memberi pengetahuan tentang sejarah dan kebudayaan Indonesia. Program “IndoTraxia” diharapkan bisa menjadi program yang mampu memenuhi kebutuhan bagi remaja tersebut.
BAGIAN 2
Manfaat dan Tujuan Pengembangan Prototipe
Manfaat Bagi Khalayak: Memberikan informasi dan pengetahuan mengenai sejarah dan kebudayaan Indonesia kepada para remaja. Manfaat Bagi Stasiun Radio: Menunjukkan bahwa Trax FM Jakarta peduli dengan kondisi sosial saat ini, yaitu banyak remaja yang mulai tidak tertarik dengan sejarah dan kebudayaan Indonesia.
Tujuan Sosial: Menjadi sarana informasi serta memenuhi kebutuhan pendengar akan informasi mengenai sejarah dan kebudayaan Indonesia yang masih minim diangkat media massa.
Tujuan Ekonomi: Menarik para sponsor dengan menawarkan konten yang tidak biasa, jarang, mengedukasi, dan juga peduli terhadap keadaan sosial para remaja saat ini yang kurang tertarik dengan sejarah dan kebudayaan bangsanya sendiri.
BAGIAN 3
Prototipe yang dikembangkan
Program ini bernama “IndoTraxia” dan berformat feature. Program ini mengangkat berbagai tema sejarah dan kebudayaan Indonesia, serta direncanakan untuk disiarkan di Trax FM Jakarta pada hari Senin hingga Jumat pukul 09.30-09.35, 18.30-18.35, 15.30-15.35, 21.30-21.35 dan 23.30-23.35. Target pendengar utama program ini adalah remaja dengan usia 15-21 tahun yang berada di Jabodetabek, dengan SES A, B, dan C+. Sedangkan target sekundernya adalah anak muda dengan usia 22-25 tahun.
BAGIAN 4
Evaluasi
Pre test dilakukan dengan metode Focus Groud Discussion (FGD). Peserta berjumlah 12 orang yang dibagi menjadi dua kelompok. Pre test akan dilakukan dua minggu sebelum program "IndoTraxia" disiarkan dengan daftar pertanyaan FGD sebagai instrumen. Sedangkan, evaluasi akan dilakukan setelah empat episode pertama ditayangkan. Evaluasi dilakukan dengan FGD dan melihat berbagai respon yang masuk melalui berbagai channel.
BAGIAN 5
Anggaran
Jumlah Anggaran Pembuatan Program: Rp 385.000,-
Jumlah Biaya Produksi 35 episode: Rp 13.475.000,-
Prakiraan Pendapatan 35 Episode: Rp 214.025.000,-
Jumlah Anggaran Pre Test: Rp 691.400,-
Jumlah Anggaran Evaluasi: Rp 813.500,-
PART 1Situation AnalysisHistory, which has been considered as boring stuff, and the large influence of foreign culture are the reasons why a lot of teenagers in Indonesia are not interested in studying their own history and culture. Even mass media which has an important part in educating people rarely raised both themes into a regular topic. Though history and culture are important things that should be known by the young generation. Therefore, they need more information which can provide knowledge about history and culture of Indonesia. "IndoTraxia" program is expected to be able to provide that information for teenagers. PART 2Benefits and Objectives of the Developing PrototypePublic Benefit: To provide information and knowledge about history and culture of Indonesia to the teenagers.Benefit for Radio Station: To indicate that Trax FM Jakarta concerns about current social condition that is Indonesian teenagers are starting to be less-interested in their own nation’s history or culture.Social Objective: To be the main source of information, as well as to provide information about history and culture for listeners.Economic Objective: To attract sponsorships by offering unusual and educative content that also concerns to social circumstances of the teenagers today who are less-interested in studying their own history and culture. PART 3The Developing PrototypeThe program is called "IndoTraxia" by using feature format. It picks up various themes of history and culture of Indonesia. "IndoTraxia" is planned to be broadcasted at Trax FM Jakarta on Monday to Friday, at 09.30-09.35, 18.30-18.35, 15.30-15.35, 21.30-21.35 and 23.30-23.35 WIB. The primary target is teenager whose age 15-21, and are located in Jabodetabek, with SES A, B, C+; while the secondary target is young people age 22-25. PART 4The EvaluationPre test will be conducted using Focus Groud Discussion (FGD) method two weeks before the launch of the program. Total participants are 12 which are divided into two groups. Meanwhile, the evaluation will be conducted after the first four episodes being aired. It will be done by FGD as an instrument and by seeing responses coming in through various channels. PART 5The BudgetTotal Budget of Prototype Production : 385.000 IDRTotal Budget of Production (13 episodes): 13.475.000 IDREstimation of income (13 Episodes): 214.025.000 IDRThe Budget of Pre Test: 691.400 IDRThe Budget for Evaluation: 813.500 IDR