UI - Tugas Akhir :: Kembali

UI - Tugas Akhir :: Kembali

Laporan pembuatan prototype program musik "Live at Jaya" = Report on producing "Live at Jaya" music program a prototype

Aziman Fadhli; Ria Ernunsari, supervisor (Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2014)

 Abstrak

BAGIAN 1 Analisis
Situasi: Berangkat dari perkembangan industri penyiaran Indonesia yang semakin homogen dalam menyajikan konten musik yang berkualitas, penulis merasa tergerak untuk menyajikan sebuah acara musik baru yang fresh dan dinamis. Hasil riset menunjukkan bahwa golongan netizen di Indonesia semakin bertumbuh dan riset ini mendorong penulis untuk memasukkan prototype tayangan musik "Live at Jaya" ini bukan hanya ke televisi terrestrial, namun juga ke jalur siar (Platform) Mobile Device dan YouTube.com.
BAGIAN 2
Manfaat dan Tujuan Pengembangan Prototype: Manfaat utama dari pengembangan prototype ini adalah untuk menambah wawasan bagi penikmat dan pecinta musik Indonesia atas adanya macam-macam genre musik yang tersedia untuk mereka dengarkan. Sementara tujuan utama pengembangan prototype ini adalah Menstimulasi pemirsa agar dapat mencerna musik Indonesia yang lebih berkualitas dan bervariasi.
BAGIAN 3
Prototype yang Dikembangankan: Prototype yang dikembangkan adalah tayangan musik berjudul "Live at Jaya" yang mengedepankan sajian musik live yang intim dengan pemirsanya serta menyajikan jenis musisi yang tidak sama dengan program musik di televisi swasta pada umumnya.
BAGIAN 4
Pre-Test dan Evaluasi: Pre-test dilakukan dengan Analisis data rating dan share yang dikeluarkan oleh lembaga Nielsen dan melakukan wawancara pakar. Selain dua cara tadi, penulis juga melakukan perancangan posttest dengan kuesioner.
BAGIAN 5
Anggaran: Anggaran pembuatan prototype ini adalah: Rp 800.000,- Rencana Anggaran produksi untuk satu episode adalah Rp 21.600.000,-. penghitungan keuntungan program ditetapkan melalui sebuah target yang dinamakan target revenue.

PART 1
Situation Analysis: Indonesian music program on TV is highly homogenized. While the variety of music, knowingly, is deeply rooted in Indonesia. It is, therefore, urgently needed to have a music program that embraces the potential local independent musicians. Furthermore, research shows that Netizen in Indonesia is growing rapidly. Unsurprisingly, such content also exists in digital platform beside the mainstream platform, i.e., terrestrial television.
PART 2
Benefits and Goals of developing the Prototype: Amongst the various genres in music, the prototype program offers to raise the awareness of independent musicians as the alternative. That is the main Benefit of the produced prototype. As for the main Goal of this prototype is to stimulate the music lovers to appreciate other musicians that might not be as popular as the ones in the mainstream television programs, as well as indulging their sense with more varied and high quality Indonesian music.
PART 3
The development of Prototype: The prototype called "Live at Jaya" that promotes music shows whose fans intimately connect with the musicians. Such show is an alternative to general music programs in commercial stations.
PART 4
Pre-Test dan Evaluation: Pre-test was conducted by analyzing Nielsen’s ratings and share also interviewing experts and practitioners to gain better understanding and insight regarding producing music program. As for the post-test, distributing questionnaires among target audience is the method to evaluate the developed prototype.
PART 5
Budgeting: The budget for this prototype is Rp 800.000,-. The planned budget for an episode is Rp 21.600.000,-. The calculation of the program profits is set by a target called Target Revenue.

 File Digital: 1

Shelf
 TA-Aziman Fadhli.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

Jenis Koleksi : UI - Tugas Akhir
No. Panggil : S54277
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Program Studi :
Subjek :
Penerbitan : Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2014
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan :
Tipe Konten :
Tipe Media :
Tipe Carrier :
Deskripsi Fisik : xv, 54 hlm. : ill. ; 28 cm. + lamp.
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
  • Sampul
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
S54277 16-24-40052984 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20367340
Cover