UI - Tugas Akhir :: Kembali

UI - Tugas Akhir :: Kembali

Pengukuran tingkat kematangan tata kelola teknologi informasi dalam mendukung kegiatan operasional PT XYZ = Information technology governance maturity level measurement to support operational activity of PT XYZ

Dedy Hermanto; Yudho Giri Sucahyo, supervisor (Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia, 2014)

 Abstrak

Teknologi Informasi (TI) saat ini digunakan oleh seluruh perusahaan industri tidak terkecuali PT XYZ. Penggunaan TI ini dimanfaatkan untuk meningkatkan daya saing terhadap kompetitor yang bergerak pada bidang sejenis. Hasil produksi yang diberikan oleh PT XYZ, diharapkan merupakan hasil produksi yang berkualitas dan bersaing di pasaran. Dengan penerapan TI, PT XYZ memiliki daya saing yang tinggi dengan kualitas hasil produksi yang terjamin dan terpantau. Tata kelola TI merupakan suatu kegiatan yang terhubung secara terstruktur serta terdapat proses untuk melakukan pengendalian dan pengarahan organisasi dalam mencapai tujuan penggunaan TI. Penelitian ini digunakan untuk mengetahui tingkat kematangan dalam penggunaan tata kelola TI pada PT XYZ. Terkait hal tersebut dalam penelitian ini digunakan COBIT (Control Objective for Information and Related Technology) untuk melakukan pengukuran pemanfaatan TI. Informasi lain juga didapat dari manual mutu, observasi dan hasil wawancara. Hasil dari penelitian ini berupa tingkat kematangan yang diperoleh oleh PT XYZ dalam implementasi TI yaitu dengan rata-rata 2,76. Hasil tingkat kematangan yang didapat oleh PT XYZ saat ini dihubungkan dengan tingkat kematangan yang diharapkan PT XYZ, hal ini digunakan untuk pemberian rekomendasi bagi PT XYZ untuk meningkatkan tata kelola TI PT XYZ.

Information Technology (IT) adopt by all industry organization not least PT XYZ. Use of IT can also enhance competitiveness with all competitors on same field insdustry.Production output given by PT XYZ, is expected has quality and competitive in the market industry. With the application of IT, has high competitiveness with guaranteed and monitored production quality. IT Governance is an activity that is connected in a structured and process for controlling and directing the organization in achieving its goals of IT usage.This research is used to determine the level of maturity in the use of IT Governance at PT XYZ. Related to this, COBIT (Control Objective for Information and Related Technology) use for measure the use of IT. Additional was also obtained from the quality manual, observation and interviews.The results of this research is a level maturity that obtained by PT XYZ in IT implementation with an average of 2.76. The results from maturity level PT XYZ linked to the expected maturity level, it is use for provision recomendations for PT XYZ to improve IT Governance for the use of IT.

 File Digital: 1

Shelf
 TA-Dedy Hermanto.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

Jenis Koleksi : UI - Tugas Akhir
No. Panggil : TA-Pdf
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Program Studi :
Subjek :
Penerbitan : Depok: Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia, 2014
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan :
Tipe Konten :
Tipe Media :
Tipe Carrier :
Deskripsi Fisik : x, 93 hlm. : ill. ; 30 cm. + lamp.
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
  • Sampul
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
TA-Pdf 16-23-12923332 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20367448
Cover