UI - Skripsi Membership :: Kembali

UI - Skripsi Membership :: Kembali

Perbedaan sikap terhadap product nationality yang dikomunikasikan melalui packaging pada kelompok low ethnocentrism dan high ethnocentrism = Attitude differences toward product nationality which communicated through packaging between low and high ethnocentrism group

Cyntha Dwi Anggraini; Nadia Marita Andayani, supervisor (Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2013)

 Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan sikap terhadap produk nationality Indonesia dan bangsa asing antara kelompok low ethnocentrism dan high ethnocentrism. Namun produk nationality tidak harus selalu sama dengan negara darimana produk tersebut berasal, melaikan dapat dibentuk melalui komunikasi visual yang mengarah kepada suatu negara. Metode penelitian ini adalah eksperimen. Treatment atau stimulus yang digunakan adalah dua macam packaging yaitu packaging dengan nationality Indonesia dan Italia. Uji beda independen T-tes digunakan untuk melihat perbedaan sikap sedangkan etnosentrisme konsumen diukur dengan menggunakan CETSCALE. Enam puluh empat orang pemuda yang dibagi menjadi dua kelompok berdasarkan tingkat etnosentrisme konsumennya menjadi koresponden dalam penelitian ini. Peneliti kemudian menemukan bahwa terdapat perbedaan sikap antara dua kelompok tersebut kendati perbedaan yang terjadi tidak signifikan.

This study aimed to determine the attitude toward product nationality (Indonesia and foreign country) between the low and high ethnocentrism . Product nationality does not necessarily mean that the origin of the product is actually coming from one specific country since it really depends on the visual representation that directs the consumer perception. Experimental method is used in this research and the stimuli are two different kind of packages. First packaging integrated Indonesian characteristics and the second one embedded Italian characteristics. Independent T-test was used to examine the attitude differences and ethnocentrism was measured using the CETSCALE. There are sixty four participants that divided into two groups based on its ethnocentrism levels. The finding showed that there is a difference of attitudes between these two groups although the gap is not significant.

 File Digital: 1

Shelf
 S53965-Cyntha Dwi Anggraini.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

Jenis Koleksi : UI - Skripsi Membership
No. Panggil : S53965
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Program Studi :
Subjek :
Penerbitan : Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2013
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan :
Tipe Konten :
Tipe Media :
Tipe Carrier :
Deskripsi Fisik : ix, 78 hlm. : ill. ; 28 cm + lamp.
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
  • Sampul
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
S53965 14-24-44591320 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20367643
Cover