UI - Skripsi Membership :: Kembali

UI - Skripsi Membership :: Kembali

Kansei mining untuk desain bentuk eksterior mobil tipe city car yang afektif = Kansei mining for affective design of city car exterior shape

Septy Aprilliandary; Amalia Suzianti, supervisor; Boy Nurtjahyo Moch., examiner; Erlinda Muslim, examiner; Maya Arlini Puspasari, examiner ([Publisher not identified] , 2014)

 Abstrak

[ABSTRAK
Industri otomotif memberikan konstribusi terbesar dalam produk domestik bruto Indonesia. Seiring dengan semakin pesatnya perkembangan industri otomotif, terutama industri mobil, persaingan antar produsen mobil semakin tinggi. Hal ini mengakibatkan hasil keluaran produk dari berbagai produsen mobil akan mencapai tahap dimana hampir semuanya memiliki standar kualitas yang sama. Keadaan ini mendorong konsumen untuk memanfaatkan faktor lain di luar spesifikasi fungsional dan kualitas untuk membuat keputusan membeli mobil, yaitu persepsi afektif. Penelitian ini membahas bagaimana konsumen mobil tipe city car di Indonesia menilai produk dari sisi bentuk eksterior dengan mengeluarkan sisi afektif. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Kansei Engineering, lebih tepatnya menggunakan Kansei Words. Pengolahan data dari konsumen dilakukan dengan metode association rule mining dan conjoint analysis. Dari hasil peneltiian, diketahui bahwa terdapat lima kelompok Kansei Words yang mewakili persepsi afektif konsumen, yaitu klasik (classic) dan ramping (sleek), mantap/kuat (robust) dan bertenaga/tangguh (powerful), mencolok (sporty) dan formal (formal), lucu/imut (cute), dan modern (modern). Keluaran akhir dari penelitian ini adalah terbentuknya 5 usulan desain baru untuk bentuk eksterior city car yang memenuhi masing-masing kelompok Kansei Words di atas.

ABSTRACT
, Automotive industry delivering a great contribution to Indonesia by accounting high
percentage in gross domestic product. As automotive industry is developing,
especially for car industry, the competition between car companies is highly
increasing. This condition resulted in a situation where products from different car
companies having the same standard for quality. Therefore, customers are triggered to
consider another factor beside functional specification and quality, which is affective
perception. This research focused on how customers of city car in Indonesia evaluate
the product from its exterior shape by considering their affective side. Method of this
research is Kansei Engineering, specifically its Kansei Words. Data from customers
are processed with the method of association rule mining and conjoint analysis. From
the output of this research, there are 5 groups of Kansei Words that represent
customers’ affective perception, which are classic and sleek, robust and powerful,
sporty and formal, cute, and modern. The final output from this research are 5
recommended designs for city car exterior shape that describe all the Kansei Words
above.]

 File Digital: 1

Shelf
 T54367-Septy Aprilliandary.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

Jenis Koleksi : UI - Skripsi Membership
No. Panggil : S54367
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Program Studi :
Subjek :
Penerbitan : [Place of publication not identified]: [Publisher not identified], 2014
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan : LibUI ind rda
Tipe Konten : text
Tipe Media : unmediated ; computer
Tipe Carrier : volume ; online resource
Deskripsi Fisik : xv, 85 pages : illustration ; 28 cm. + appendix
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
  • Sampul
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
S54367 14-18-360289429 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20368153
Cover