[Media diperlukan untuk membantu proses pembelajaran. Penelitian bertujuan untuk
mengetahui efek penggunaan aplikasi DHESTA dan flipchart sebagai media edukasi
dilihat dari peningkatan dan retensi pengetahuan. Pada 30 siswa SD N Menteng 01
dan 30 siswa SD N Menteng 02 diberi tes pra perlakuan menggunakan kuesioner
kemudian tiap kelompok diberi edukasi menggunakan media yang berbeda. Tes paska
perlakuan dilakukan 20 menit, 1 hari, 6 hari, dan 14 hari setelah perlakuan. Hasil
menunjukkan terdapat perbedaan bermakna peningkatan pengetahuan (p = 0,000)
dan penurunan retensi pengetahuan (p = 0,05) pada kedua kelompok. Aplikasi
DHESTA menghasilkan peningkatan pengetahuan yang lebih rendah namun retensi
pengetahuan yang dihasilkan lebih baik daripada flipchart., Media is needed to assist the learning process. The research aimed to determine the
effects of using DHESTA application and flipchart as seen from the increase of
knowledge and knowledge retention. 30 student of SD N Menteng 01 and 30 SD N
Menteng 02 were given a pre-test questionnaire and then each group was given
dental health education using different media. Then post-test given 20 minutes, 1
day, 6 days, and 14 days after learning. The results showed there were significant
differences in the increase of knowledge (p = 0.000) and decrease retention of
knowledge (p = 0.05) in both groups. DHESTA application can increase knowledge
lower than flipchart however knowledge retention is better.]