ABSTRAKTujuan utama penelitian ini adalah untuk memahami bagaimana audience
involvement dari penonton film mempengaruhi persepsi dan pengalaman
penonton film itu ketika mereka mengunjungi tempat-tempat yang ditampilkan
dalam sebuah film. Film 5cm dijadikan sebagai studi kasus penelitian ini karena
memiliki latar pengambilan gambar di Gunung Semeru, Malang, Jawa Timur.
Penelitian ini menggunakan analisis regresi berganda. Hasil dari penelitian ini
mengindikasikan bahwa behavioral involvement dan referential reflection
penonton film 5cm merupakan dua faktor yang secara signifikan mempengaruhi
persepsi dan pengalaman penonton film tersebut ketika mereka mengunjungi
Gunung Semeru. Sedangkan emotional involvement tidak termasuk kedalam
faktor yang secara signifikan mempengaruhi persepsi dan pengalaman penonton
film 5cm ketika mengunjungi Gunung Semeru.
ABSTRACTThe main objective of this study is to understand how the audience involvement
influences the perception of their actual on-site film tourism experiences at its
former filmed locations. This study analized 5cm as a case study because this
movie has a production setting in ecotourism sphere of Mount Semeru, Malang,
East Java. This study used multiple regression analysis. The results of this study
indicated that behavioral involvement and referential reflection was the two
factors that significantly affect the perception of their on-site film tourism
experiences. While the emotional involvement was not included into the factors
that significantly affect the perception of their on-site film tourism experiences.