ABSTRAKSaat ini, terjadi perubahan perilaku konsumen dalam keputusan pembelian mereka
yang lebih melihat pada persepsi atas brand dibandingkan realita produk tersebut.
Hal ini menyebabkan terjadinya perubahan pola pikir dari product-blame menjadi
brand-blame. Mengingat persepsi adalah hal yang sangat sensitif dan mudah
berubah, maka brand orientation dapat menjadi pilihan strategi perusahaan untuk
memenangkan konsumen, kompetisi dan pasar. Berdasarkan hal-hal tersebut,
peneliti mengadakan penelitian mengenai brand orientation pada UMKM dan
pengaruhnya terhadap kinerja keuangan UMKM. Penelitian ini menggunakan
metode SEM. Kesimpulan yang diperoleh pada penelitian ini adalah brand
orientation berpengaruh positif terhadap kinerja keuangan UMKM.
ABSTRACTConsumer behaviour has changed recently. Consumer base their decision of
purchasing much more on their perception of the brand, other than the product
reality. Mindset are shifting from product-blame to brand-blame. Because the
nature of perception are very sensitive dan easily change, brand orientation can be
strategic option for company to survive dan win the competition, consumer, and
market. Therefore, researcher wants to study about brand orientation on MSMEs
and it impacts on financial performance on MSMEs. Structural Equation
Modelling Method was used. The study reveals that brand orientation has positif
impact on financial performance on MSMEs.