ABSTRAKPerilaku belanja kompulsif dewasa ini menjadi salah satu topik menarik bagi
sejumlah peneliti di bidang konsumsi maupun bidang pemasaran. Karena
dianggap sebagai akibat dari materialisme dan dampak buruk dari konsumerisme.
Alasannya, karena kedua hal tersebut berpengaruh sangat serius, baik itu secara
perseorangan maupun bagi publik. Perilaku compulsive buying dapat diakibatkan
dari beberapa faktor. DeSarbo dan Ewards (1996) membagi dua faktor yang
memengaruhi seseorang untuk berperilaku compulsive buying yaitu
predispostional factors dan circumstansial factors.
Menggunakan aplikasi Lisrel sebagai pengolah data, Emosi yang terdiri dari
image consciousness dan compulsive spending berpengaruh signifikan terhadap
materialism yang dilakukan pengguna sebagai mediasi untuk mempengaruhi
dorongan untuk membeli maupun mempengaruhi dorongan untuk berbelanja
sehingga dapat menciptakan sifat compulsive buyer. Hal ini didukung dengan nilai
t-value yang sama tinggi antara image consciousness, materialism dan compulsive
spending . Sifat materialism tidak terlalu berpengaruh signifikan terhadap credit
card usage yang dilakukan pengguna karena orang yang memiliki sifat
matrealistik tidak selalu memiliki kecenderungan untuk memakai kartu kredit
untuk pemuas kebutuhan pribadinya.
ABSTRACTCompulsive buying today become one of the topics of interest to a number of
researchers in the field of consumer and field marketing. Since it is considered as
a result of the adverse effects of materialism and consumerism. The reason is,
because both of these are very serious effect, either individually or for the public.
Compulsive buying behavior can result from several factors. DeSarbo and
Ewards (1996) divides the two factors that influence a person to behave
compulsive buying are predispostional factors and circumstansial factors.
Using Lisrel applications as data processor, Emotions which consists of image
consciousness and compulsive spending a significant effect on a user's
materialism as mediation to influence or affect the urge to buy an urge to shop so
it can create compulsive nature of the buyer. This is supported by the value of the
t-value is equally high among image consciousness, materialism and compulsive
spending. The nature of materialism is not too significant effect on credit card
usage as the user who made the matrealistic properties do not always have the
tendency to use credit cards for satisfying personal needs.