UI - Skripsi Membership :: Kembali

UI - Skripsi Membership :: Kembali

Tata letak penempatan produk Ppda gerai ritel menggunakan association rules dan multidimensional scaling = Design of product placement layout in hypermarket using association rules and multidimensional scaling

Araminta Putrie Nirami; Isti Surjandari Prajitno, supervisor; Akhmad Hidayatno, examiner; Farizal, examiner; Armand Omar Moeis, examiner (Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2014)

 Abstrak

Industri ritel yang semakin kompetitif menuntut setiap perusahan untuk membentuk strategi agar dapat tetap bersaing. Salah satu strategi yang dianggap mampu menarik perhatian konsumen adalah penataan letak produk di dalam gerai. Tata letak produk yang berfokus terhadap perilaku konsumen dalam berbelanja dipercaya mampu meningkatkan penjualan bagi perusahaan. Penelitian ini dilakukan pada sebuah gerai ritel di Depok menggunakan metode association rules dan multidimensional scaling. Association rules adalah metode data mining yang digunakan untuk menemukan hubungan asosiasi antar kategori produk berdasarkan pola pembelian. Sementara multidimensional scaling akan mengelompokan kategori produk dalam sebuah pemetaan perceptual. Hasil dari penelitian menemukan 102 hubungan asosiasi dan 4 kelompok kategori produk yang menjadi pertimbangan dalam penyusunan sebuah desain tata letak produk yang baru.

The increasing competition in retail industry, requires every company to build a strategy to remain the competition. One strategy that is considered to be able to attract the attention of consumers is product layout. In-store stimuli such as the layout of products focused on consumer behavior in stores is believed to increase sales to the company. This study was conducted at a Hypermarket in Depok, using association rules and multidimensional scaling. Association rules in one of data mining techniques to discover customer buying patterns among several categories of products. While multidimensional scaling classify the categories of products in a perceptual mapping. The result of this study found 102 association rules and 4 product cluster between the product categories, to be interpreted as a consideration for improving product layout in Hypermarket.

 File Digital: 1

Shelf
 S53694-Araminta Putrie Nirami.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

Jenis Koleksi : UI - Skripsi Membership
No. Panggil : S53694
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Program Studi :
Subjek :
Penerbitan : Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2014
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan : LibUI ind rda
Tipe Konten : text
Tipe Media : unmediated ; computer
Tipe Carrier : volume ; online source
Deskripsi Fisik : xii, 45 pages : illustration ; 28 cm + appendix
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
  • Sampul
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
S53694 14-20-048637222 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20368502
Cover