ABSTRAKPenelitian ini membahas wacana naratif pada anak-anak berperspektif gender.
Penelitian ini bertujuan menjelaskan superstruktur, makrostruktur, dan
mikrostruktur, dalam wacana naratif anak laki-laki dan perempuan. Metode
penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif untuk memaparkan analisis
wacana naratif pada anak-anak. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa wacana
naratif anak perempuan mempunyai struktur narasi lebih lengkap. Adapun
makrostruktur yang terdapat dalam wacana naratif anak-anak adalah mengenai
kegiatan berbelanja dan situasi pasar. Terdapat satu wacana naratif anak laki-laki
dengan makrostruktur mengenai imbauan. Hampir semua alat kohesi digunakan
dalam wacana naratif anak-anak. Anak perempuan menggunakan pilihan kata
lebih bervariasi. Jumlah dan jenis kalimat yang digunakan anak perempuan lebih
banyak daripada anak laki-laki.
ABSTRACTThe focus of this research is the narrative discourse of children in gender
perspective. The purpose of this research is to describe superstructure,
macrostructure, and microstructure in narrative discourse of boys and girls. This
research uses qualitative method to describe the analysis. This study reveals that
the narrative discourse of girls has more complete narrative structures. The
macrostructure in their discourse is about shopping and market situation. There is
one discourse of boy whose macrostructure is about advisement. Almost all
cohesions are used in both genders’ narratives. The girls use more various
vocabularies. In addition, the girls use more sentences and more types of them.