ABSTRAKSeiring dengan berkembangnya teknologi, fenomena internet memiliki peran yang
sangat penting. Di Indonesia sendiri, fenomena internet cukup berkembang sangat
pesat dalam 12 tahun terakhir ini. Salah satu fenomena yang berkembang seiring
dengan peningkatan penggunaan internet adalah tumbuhnya e-commerce. Salah satu
tipe situs e-commerce di Indonesia yang sedang marak adalah situs e-retailer.
Walaupun e-commerce di Indonesia meningkat setiap tahunnya ternyata masih
banyak sekali orang yang masih ragu untuk melakukan transaksi pada suatu situs
online. Menurut salah satu penelitian mengatakan bahwa konsumen memberanikan
diri untuk berbelanja pada suatu situs yang memiliki rekomendasi yang baik.
Sehingga kepuasan pelanggan memiliki peran sangat besar. Oleh karena itu perlu
kiranya dilakukan analisa preferensi konsumen terhadap atribut situs e-retailer secara
komprehensif yang ditinjau dari faktor teknologi, faktor berbelanja dan faktor produk.
Penelitian ini dilakukan terhadap 124 pengguna situs e-retailer yang tinggal di
Jabodetabek. Adapun metode yang digunakan adalah Conjoint analysis serta Cluster
analysis untuk menentukan segmentasi. Hasil penelitian ini mengatakan bahwa
urutan aspek dari yang paling penting pada sebuah situs e-retailer adalah keragaman
produk yang ditawarkan, keamanan situs e-retailer, kepercayaan konsumen,
Kenyamanan berbelanja, nilai dari produk yang dibeli, pengiriman produ, privasi data
konsumen dan yang terakhir adalah fitur dan desain situs.
ABSTRACTAlong with the development of technology, the Internet phenomenon has a veryimportant role in our everyday life. In Indonesia, this phenomenon is developing veryrapidly in the past 12 years. Another phenomenon that is growing along with the useof the Internet is e-commerce. One of e-commerce sites that are emerging inIndonesia is e-retailer. Although e-commerce in Indonesia is increasing every yearthere are still many people who are reluctant to do transactions on an online site.According to a research, consumers are more attracted to a site that has a goodrecommendation. So the customer satisfaction has a very important role. Therefore, itwould needed to analyze comprehensively the consumer preferences for attributes ofthe e-retailer sites in terms of technology factors, shopping factors and productfactors. This study was conducted on 124 users of e-retailers who live in Jakarta,Bogor, Depok, Tangerang and Bekasi Area. The method used is Conjoint analysisand Cluster analysis to determine segmentation of consumers. The results of thisstudy is that the three most important aspect of an e-retailer in order to increase thelevel of customer satisfaction is the diversity of products offered, followed by thesecurity of e- retailers, and consumer’s trust. These are followed by shoppingconvenience, the value of the product purchased, shipping, data privacy and featuresof the site.