Kebutuhan akan pengujian dengan sistem esai semakin meningkat karena memungkinkan pengolahan pendapat dari dua pihak, yang di uji dan penguji. Namun proses pemeriksaan esai merupakan satu proses yang banyak menyita dana, tenaga, dan waktu. Karena itu, diperlukan sistem otomatis yang dapat memberikan penilaian esai.
Simple-O merupakan sistem penilaian esai otomatis yang dikembangkan di Departemen Teknik Elektro Universitas Indonesia. Tujuan dikembangkannya sistem ini adalah untuk membantu dosen dalam melakukan penilaian terhadap ujian yang telah dilakukan oleh mahasiswa.
Sejak dikembangkan pada tahun 2007, Simple-O telah mengalami beberapa perbaikan, baik dari sisi penilaian maupun penyiapan jawaban masukan. Simple-O berbasis Generalized Latent Semantic Analysis (GLSA) dengan menggunakan Hybrid Document Indexing dikembangkan sebagai salah satu perbaikan di sisi penilaian demi meningkatkan korelasi hasil penilaian Simple-O dengan hasil penilaian dosen.
Hasil penelitian penulis menunjukkan hasil terbaik didapat dengan menggunakan kata non-benda dan benda sebagai jawaban referensi dengan concatenate horizontal yang diaplikasikan ke gabungan matriks representasi kata benda dan matriks representasi kata non-benda.
The need for essay based test is increasing because it allows the utilization of both teacher's and student's answer. But the essay examination process is a process that takes up a lot of funds, manpower, and time. Therefore, we need an automatic system that can provide essay examination process. Simple-O is an Automated Essay Grading (AEG) system developed on Department of Electrical Engineering, University of Indonesia. The purpose of this system development is to assist faculty in assessing the test has been done by the student. Since its development in 2007, Simple-O has undergone several improvements, both in terms of assessment and preparation of input answers. Simple-O Based On Generalized Latent Semantic Analysis (GLSA) With Hybrid Document Indexing developed as one of the improvements in the assessment in order to enhance the correlation between Simple-O assessment results and faculty assessment results. The results of the study conducted by the author showed that the best results obtained by using the combination between non-nouns and nouns as reference answer, with horizontal concatenate applied to the combination of nouns representation matrix and non-nouns representation matrix.