ABSTRAKPenelitian ini membahas mengenai proses pembentukan modal sosial di dalam
layanan Perpustakaan Universitas Paramadina. Penelitian ini merupakan
penelitian kualitatif dengan metode studi etnografi. Temuan yang diperoleh dalam
penelitian ini menunjukan bahwa aktivitas yang terjadi antara pustakawan dan
pengguna pada layanan perpustakaan dapat membangun modal sosial di
perpustakaan. Kedekatan yang terjalin, tingginya frekuensi kegiatan bersama serta
adanya norma untuk tidak saling mengganggu merupakan contoh aktivitas yang
menonjol dalam layanan perpustakaan. Kesimpulan dari penelitian ini adalah
proses pembentukan modal sosial dalam layanan di Perpustakaan Universitas
Paramadina dibangun berdasarkan rasa saling percaya, saling menghargai serta
adanya jaringan sosial yang terjalin antara pustakawan dan pengguna.
ABSTRACTThis study discusses about process of social capital formation in library service at
Library of Paramadina University. This study is a qualitative research with
ethnographic method. The findings obtained in this study indicate that the activity
that occurs between librarians and users in library services could build social
capital in the library. The closeness between librarians and users, the high
frequency of joint activities as well as the norm to not interfere with each other are
example of a prominent activity in the library service. The conclusion of this
study is that the process of social capital formation in library service at Library of
University Paramadina built based on mutual trust, mutual respect and the
existence of social networks that exist between librarians and users.