ABSTRAKSkripsi ini membahas tentang pemenuhan kecakapan hidup (life skill) anak
jalanan yang dilakukan oleh program Pusat Kegiatan Anak (PKA). penelitian ini
adalah penelitian kualitatif dengan desain deskriptif. Hasil penelitian ini
mengungkapkan bahwa dalam memberikan kecakapan hidup pada anak jalanan
perlu memenuhi 4 aspek keterampilan yaitu keterampilan personal, keterampilan
sosial, keterampilan akademik, dan keterampilan vokasional. Pihak PKA juga
harus mempertimbangkan beberapa faktor yang dapat menunjang pemenuhan
kecakapan hidup bagi anak jalanan.
ABSTRACTThis study discusses the fulfillment of life skills (life skills) were carried out by
the street children program Pusat Kegiatan Anak (PKA). This research is a
descriptive qualitative research design. The results of this study revealed that
providing life skills to street children need to meet four aspects, there are a
personal skills, social skills, academic skills, and vocational skills. PKA should
also consider some factors that can support the fulfillment of life skills for street
children.