UI - Makalah dan Kertas Kerja :: Kembali

UI - Makalah dan Kertas Kerja :: Kembali

Pemanfaatan teknologi nirkabel dalam lingkungan medis = The utilisation of wireless technology in medical environment

Dinny Mutia Sari; Irwansyah, supervisor (Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2014)

 Abstrak

Makalah ini memuat pembahasan mengenai pemanfaatan teknologi nirkabel dalam lingkungan medis. Semakin banyak masyarakat yang termudahkan dengan adanya teknologi nirkabel, maka semakin banyak pihak yang memanfaatkan teknologi tersebut. Tidak terkecuali dalam dunia medis, seperti rumah sakit dan pelayanan kesehatan lainnya serta tim penyelamat. Beberapa permasalah yang akan dibahas dalam penulisan makalah ini adalah (1) Bagaimana pengaruh teknologi nirkabel di dalam lingkungan medis, dan (2) Mengapa teknologi nirkabel perlu diterapkan dalam lingkungan medis.
Tujuan penulisan makalah ini adalah untuk mengetahui pengaruh teknologi nirkabel di dalam lingkungan medis dan alasan-alasan teknologi nirkabel perlu diterapkan dalam lingkungan medis. Adapaun manfaat dari makalah ini adalah makalah ini diharapkan dapat memperkaya wawasan dan mampu membuka mata pembaca terhadap perkembangan teknologi komunikasi khususnya teknologi wireless atau nirkabel.
Makalah ini juga diharapkan dapat memberi masukan kepada lembaga-lembaga yang bergerak di dunia medis mengenai keunggulan-keunggulan dari pemanfaatan teknologi wireless dalam menangani pasien. Teori yang digunakan dalam penulisan makalah ini adalah Teori Ekologi Media dari Marshall McLuhan dalam kajian teori-teori komunikasi sebagai acuan untuk membahas.
Penulisan makalah ini menggunakan metode deskriptif dan studi kepustakaan, yang mana dalam penulisannya mengandalkan data sekunder yang diperoleh dari berbagai macam sumber sebagai referensi penulisan.
Hasil dari pembahasan makalah diperoleh bahwa beberapa rumah sakit, pelayanan kesehatan, dan tim penyelamat telah memanfaatkan teknologi nirkabel untuk kepentingan pasien mereka. Teknologi tersebut memudahkan kerja baik dokter, perawat maupun pasiennya itu sendiri. Rekomendasi dari penulis bahwa seharusnya rumah sakit, pelayanan kesehatan dan tim penyelamat mengikuti sistem yang diberlakukan di rumah sakit di negara maju dengan memanfaatkan teknologi nirkabel baik pada peralatan medis maupun sistem informasinya.

 File Digital: 1

Shelf
 MK-Dinny Mutia Sari.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

Jenis Koleksi : UI - Makalah dan Kertas Kerja
No. Panggil : MK-Pdf
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Program Studi :
Subjek :
Penerbitan : Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2014
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan :
Tipe Konten :
Tipe Media :
Tipe Carrier :
Deskripsi Fisik : 20 hlm.
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
  • Sampul
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
MK-Pdf 11-22-20550590 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20368860
Cover