UI - Makalah dan Kertas Kerja :: Kembali

UI - Makalah dan Kertas Kerja :: Kembali

Pengaruh Zen Buddhisme bagi kaum samurai = influences of Zen Buddhism for samurai

Titiek Nur Hidayati; Endah Hayuni Wulandari, supervisor (Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2014)

 Abstrak

Samurai adalah sebuah strata sosial penting dalam tatanan masyarakat feodalisme Jepang. Sejarah menerangkan bahwasanya seorang samurai harus memiliki mental tertentu yang selalu siap merespon dengan secepat kilat terhadap apapun yang datang dari luar. Hal ini tidak terlepas dengan adanya Bushido yang merupakan filosofi dan sistem etika yang dianut oleh kaum samurai. Bushido yang selama ini dipatuhi oleh samurai sedikit banyak dipengaruhi oleh Zen Buddhisme yang selaras dengan kehidupan samurai. Zen Buddhisme bagi kelas samurai dijadikan pedoman moral dan pelatihan mental dalam menghadapi kehidupan mereka yang keras dan penuh tekanan, karena ajaran Zen Buddhisme merupakan doktrin pembersihan jiwa yang yang keras, menekankan disiplin mental dan hidup yang keras. Oleh karena itu, penulis melakukan penelitian mengenai bagaimana pengaruh Zen Buddhisme bagi kaum samurai. Dengan diketahuinya bagaimana pengaruh Zen Buddhisme yang menginspirasikan jalan hidup samurai diharapkan dapat memberikan pelajaran bagi masyarakat yang lebih luas dalam mencapai kehidupan yang lebih baik.

Samurai is an important social strata in order of feudal Japanese society. History explains that a samurai should have a certain mental which always ready to respond with rapid speed to anything that comes from outside. It is not released in the absence of which is the Bushido philosophy and system of ethics adopted by the samurai. Bushido had been obeyed by the samurai bit much influenced by Zen Buddhism in harmony with the life of the samurai. Zen Buddhism samurai class used as guidelines for moral and mental training in the face of their life is hard and stressful, because the teachings of Zen Buddhism is the doctrine that the soul cleansing loud, emphasizing the mental discipline and hard living. Therefore, the authors conducted a study on how the influence of Zen Buddhism for the samurai. By knowing how the influence of Zen Buddhism which is inspired by the samurai way of life is expected to provide lessons for the global community to achieve a better life.

 File Digital: 1

Shelf
 MK-Titiek Nur Hidayati.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

Jenis Koleksi : UI - Makalah dan Kertas Kerja
No. Panggil : MK-Pdf
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Program Studi :
Subjek :
Penerbitan : Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2014
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan :
Tipe Konten :
Tipe Media :
Tipe Carrier :
Deskripsi Fisik : 16 hlm.
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
  • Sampul
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
MK-Pdf 11-22-30107359 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20368931
Cover