UI - Tesis Membership :: Back

UI - Tesis Membership :: Back

Hubungan bilingualisme dan pola asuh autoritatif pada kreativitas-sebuah studi terhadap siswa Sekolah Dasar kelas 5 Bogor

HR Prihatinawati; Tjut Rifameutia Umar Ali, examiner; Linda Primana, examiner; Puji Lestari S. Prianto, examiner ([Publisher not identified] , 2010)

 Abstract

ABSTRAK
Keuntungan dan kerugian pembelajaran bahasa kedua sejak usia dini hingga sekarang
masih diperdebatkan (Izdihar, 2009). Pada beberapa kasus, pembelajaran bahasa
kedua pada usia dini dipercaya justru dapat menghambat perkembangan kemampuan
bicara siswa (Howell, P; Davis, S; William, R, 2009). Tesis ini membahas tentang
hubungan bilingualisme dan pola asuh autoritatif pada perkembangan kreativitas
siswa kelas 5 SD di Bogor. Kemampuan kreativitas anak diukur menggunakan Tes
Kreativitas Verbal/TKV paralel 1 (Munandar, 1988), bilingualisme diukur
menggunakan Picture Naming Test/PNT (Kharkhurin, 2008), dan pola asuh
autoritatif dilihat melalui kuesioner pola asuh autoritatif. Selain itu, hal-hal lain yang
diperhitungkan dalam penelitian ini adalah usia belajar bahasa kedua (second
language acquisition/SLA), bahasa yang dipergunakan di rumah, serta jenis kelamin.
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif non eksperimental. Hasil penelitian
menunjukkan bahwa: 1) bilingualisme berkorelasi positif dengan kreativitas, namun
tidak demikian halnya dengan pola asuh autoritatif dan kreativitas; 2) bahasa
campuran Inggris-Indonesia yang dipergunakan sehari-hari berkorelasi positif dengan
kreativitas; 3) usia mulai belajar bahasa kedua berkorelasi negatif terhadap
kelancaran bilingual. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pembelajaran bahasa
kedua sejak dini dapat membawa keuntungan bagi siswa dengan cara mendukung
perkembangan kreativitas siswa, khususnya jika bahasa tersebut dilatih dan
dipergunakan sehari-hari.

 Digital Files: 1

Shelf
 T37864-HR Prihatinawati.pdf :: Download

LOGIN required

 Metadata

Collection Type : UI - Tesis Membership
Call Number : T37864
Main entry-Personal name :
Additional entry-Personal name :
Additional entry-Corporate name :
Study Program :
Publishing : [Place of publication not identified]: [Publisher not identified], 2010
Cataloguing Source LibUI ind rda
Content Type text
Media Type unmediated ; computer
Carrier Type volume ; online resource
Physical Description xii, 90 pages ; 28 cm + appendix
Concise Text
Holding Institution Universitas Indonesia
Location Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Availability
  • Review
  • Cover
Call Number Barcode Number Availability
T37864 TERSEDIA
Review:
No review available for this collection: 20369734
Cover