UI - Tesis Membership :: Kembali

UI - Tesis Membership :: Kembali

Upaya peningkatan efektifitas pelatihan dan pendidikan melalui pendekatan inisiatif knowledge management di Kepolisian Republik Indonesia

Teuku Agus Mulyanto; Rumesser, Gerhard, supervisor; Rumeser, J.A.A., examiner ([Publisher not identified] , 2007)

 Abstrak

ABSTRAK
Perkembangan kehidupan dan tatanan masyarakat sejalan dengan proses
reformasi, mengharuskan Polri untuk senantiasa menyesuaikan diri. Hal ini
berkaitan dengan tanggung jawab Polri sebagai pemelihara keamanan dan
ketertiban masyarakat Untuk menjawab tantangan tersebut, Polri telah melakukan
perubahan-perubahan, baik dari aspek instrumental, struktural maupun kultural.
Perubahan ketiga aspek ini tidak lain dalam rangka memberikan perlindungan,
pengayoman dan pelayanan terbaik kepada masyarakat. Namun, upaya ini kurang
optimal tanpa dukungan dan kepercayaan dari masyarakat. Dari uraian di atas, diperlukan adanya upaya untuk membangun kepercayaan dari
masyarakat, guna melaksanakan tugas-tugas yang menjadi tanggung jawab Polri.
Berbagai cara dapat dilakukan untuk meraih kepercayaan dari masyarakat, salah
satu diantaranya adalah meningkatkan kemampuan SDM Polri melalui pelatihan
dan pendidikan yang efektif melalui pendekatan inisiatif Knowledge Management,
agar kualitas professionalisme kepolisian tetap tajamin dalam melaksanakan
tugas-tugas sesuai misi yang telah ditentukan. Dengan demikian diperlukan adanya penentuan standard pelatihan dan pendidikan
yang efektif melalui inisiatif Knowledge Management melalui Model Konversi
Pengetahuan.Menurut Nonaka dan Takeuchi (1995) ada empat model konversi
pengetahuan, yaitu : Socialization, extemalization, combination, dan
intemalization (SECI). Tujuan dan manfaat dari penulisan ini menawarkan prinsip-prinsip pelatihan dan
pendidikan yang efektif dan dapat diterapkan guna peningkatan sumber daya
manusia dikepolisian sehingga didapati pencapaian kineija terarah pada setiap
personil Polri dan terciptanya perubahan paradigma budaya yang semakin efektif
di masyarakat. Sumber data yang digunakan dalam intervensi kurikulum pelatihan terdiri atas
metode survei (magang), wawancara dan litelatur yang dikumpulkan oleh penulis
yang berkaitan dengan permasalahan penelitian ini

ABSTRACT
The Development of life and the role of society run smoothly with the process of
reformation, because of that It is require for Polri to adapt in the society. This case
related with the responsibility of Polri as a person who take care peacefulness and
orderliness in the society life. For answering the challenges, Polri have already
done the changes, from the aspects of instrumental, structural and cultural. The
purpose of these changes are to give protection, care and best services to the
society. But, these efforts haven’t work optimal without the support and trust from
the society itself. From the explanation in above, it will need efforts to build the trust from the
society, in order to do the tasks which are becoming responsibility of Polri. There
are many ways to do, to reach the trust from the society, one of them are
increasing the ability of the human resources of Polri with initiative approach of
Knowledge Management, in order that the quality of professionalism of police
would be guaranteed for doing the tasks that appropriate with mission which is
already arranged. Thus, its needed to determine the standard of training and education which are
efectivethrough the initiative knowledge management with the model of
knowledge conversion. According to Nonaka and Takeuchi (1995), there are four
models of knowledge conversion, Socialization, extemalization, combination, dan
internalization (SECI). The purpose and benefits from this tesis are offering the principal of training and
education which are effective. And then, the principal can be used for the
increasing of human resources in the police so that it can reach the good result of
work for every personel of Polri. After that, to create the changes of culture
paradigm which is effective in the society. The resources of data which are using in the curriculum of intervention training
consists of survey method (internship), interview and literature that collected by
the writer that related with the problem of this research

 File Digital: 1

Shelf
 T37638-Teuku Agus Mulyanto.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

Jenis Koleksi : UI - Tesis Membership
No. Panggil : T37638
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Program Studi :
Penerbitan : [Place of publication not identified]: [Publisher not identified], 2007
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan :
Tipe Konten : text
Tipe Media : unmediated ; computer
Tipe Carrier : volume ; online resource
Deskripsi Fisik : xi, 45 pages ; 28 cm + appendix
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
  • Sampul
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
T37638 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20369814
Cover