UI - Tesis Membership :: Kembali

UI - Tesis Membership :: Kembali

Membangun komunikasi efektif antara orangtua dan anak dengan menggunakan prinsip-prinsip menjadi orangtua efektif

Margareta Triastuti Pristiwa; Soemiarti Patmonodewo, supervisor; Rini Hildayani, examiner (Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2010)

 Abstrak

Dalam interaksi orangtua dan anak terjadi proses komunikasi, baik verbal maupun nonverbal. Salah satu tipe komunikasi dalam interaksi orangtua dan anak yang dapat memicu konflik adalah kontrol. Komunikasi orangtua yang penuh dengan evaluasi, penilaian, kritik, nasehat, peringatan, anjuran moral, dan perintah memunculkan beberapa dampak negatif pada anak serta pada hubungan antara orangtua dan anak. Peneliti melihat bahwa penerapan MOE efektif untuk memberikan pengetahuan bagi orangtua mengenai komunikasi yang efektif sehingga orangtua dapat mempraktekkannya dalam kehidupan sehari-hari, yang pada akhirnya dapat menumbuhkan komunikasi efektif serta hubungan yang intim dan hangat antara orangtua dan anak. Penelitian dilakukan terhadap 1 kasus, Dina dan Bu Ria, dengan pelaksanaan sesi sebanyak 7 (tujuh) kali. Hasil penelitian menunjukkan bahwa MOE efektif untuk memberikan pengetahuan bagi orangtua, namun orangtua belum dapat mempraktekkan MOE secara konsisten.

During interaction between parent and child, there is a verbal and non verbal communication process. One of its communcation’s type that can trigger conflict is control. Parent’s communication that full of evaluation, judgement, criticism, preaching, moralizing, and commanding can give negative effects to child and parent-child relationship. Researcher believe that Parent Effectiveness Training is effective in giving knowledge to parent about effective communication, so parent can apply it on daily life, and at the end will build effective communication as well as warm and intimate relationship between parent and child. This research was conducted on 1 case, Dina and Bu Ria, with 7 sessions meeting. The result shows that PET is effective in giving knowledge to parents about effective communication, but parent hasn’t use PET consistently.

 File Digital: 1

Shelf
 T37886-Margareta Triastuti Pristiwa.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

Jenis Koleksi : UI - Tesis Membership
No. Panggil : T37886
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Program Studi :
Penerbitan : Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2010
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan : LibUI ind rda
Tipe Konten : text
Tipe Media : unmediated ; computer
Tipe Carrier : volume ; online resource
Deskripsi Fisik : xi, 84 pages ; 28 cm + appendix
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
  • Sampul
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
T37886 15-25-19590538 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20369845
Cover