ABSTRAKPerkembangan dunia bisnis yang penuh dengan persaingan yang kompleks
merupakan satu tantangan tersendiri PT GYI untuk senantiasa melakukan inovasi
produk dan proses secara menyeluruh. Terlebih lagi pada industri yang digeluti oleh PT
GYI, yakni sebagai produsen ban, banyak bertumbuh pesaing baru yang memiliki
banyak kesempatan untuk meraih simpati pasar mengakibatkan menurunnya permintaan
produk PT GYI.
Melalui penerapan strategi Human Resources Management yang berlandaskan
pada konsep Knowledge Management (KM) PT GYI dapat melihat kemungkinan
penambahan kompetensi kepada manajer di bidang produksi, khususnya kompetensi
teamwork sehingga perusahaan dapat memaksimalkan pencapaian tujuan dengan cara
yang lebih efektif dan efisien.
Dalam tahapan pembentukan knowledge, yakni dengan menggunakan SECI
Model, Organizational Knowledge Création, Leaming Organization dan
Organizational Learning, diharapkan terjadi perubahan dalam penerapan KM
khususnya yang dapat membantu meningkatnya komptensi teamwork bagi manajer di
bidang produksi dan pada akhirnya merujuk pada kineija perusahaan secara
menyeluruh.
Dengan melalui tahapan-tahapan tersebut, diharapkan pencapaian target pada
bagian produksi dapat dimaksimalkan untuk memenuhi keinginan pasar. Kendala yang
dihadapi oleh perusahaan telah dipetakan sedemikian rupa, sehingga perusahaan dapat
memilih alternatif pemecahan masalah yang dapat diaplikasikan di dalam perusahaan
sesuai dengan ketentuan dan kemampuan perusahaan.