UI - Tesis Membership :: Kembali

UI - Tesis Membership :: Kembali

Pelatihan keterampilan mengikuti instruksi pada anak dengan ADHD usia prasekolah

Maria Herlina Limyati; Tambunan, Siti Marliah, supervisor ([Publisher not identified] , 2005)

 Abstrak

ABSTRAK
Salah satu gangguan klinis yang dapat terjadi pada masa perkembangan adalah
Attention-Deficit Hyperactmty Disorder (ADHD). Terdapat lebih dari separuh
populasi anak dengan ADHD yang mengalami kesulitan dalam hubungan
interpersonalnya dengan anak lain, orang tua, dan guru. Perilaku anak-anak tersebut
menimbulkan respons negatif dari lingkungan teman sebayanya yang mengakibatkan
munculnya tingkat penolakan yang tinggi terhadap mereka. Mereka dianggap
mengganggu, sebagai penyebab keributan, sulit menyesuaikan diri, dan mudah
tersinggung. Hal itu dikaitkan dengan karakteristik perilaku mereka yang bersifat
inatentif, hiperaktif, dan impulsif.
Intervensi dini terhadap anak yang menunjukkan simtom ADHD penting untuk
dilakukan guna mengurangi kemungkinan munculnya perilaku agresif, oposisional,
dan perilaku hiperaktif-impulsif di tahapan usia selanjutnya. Intervensi tersebut
diharapkan dapat membantu mengembangkan interaksi yang positif antara orang tua
dengan anak serta meningkatkan fungsi adaptasi anak di lingkungan keluarga dan
sekolah. Pelatihan keterampilan sosial merupakan salah satu penanganan yang dapat
membantu anak dengan ADHD dalam menyesuaikan diri dengan lingkungan
sosialnya.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas rancangan program pelatihan
keterampilan sosial, dalam ha! ini dipilih keterampilan mengikuti instruksi (following
histruction) sebagai sasaran perilaku. Keterampilan mengikuti instruksi ini dipilih
karena merupakan keterampilan yang mendasar untuk dikuasai oleh anak agar dapat
terlibat aktif dalam kegiatan sehari-hari serta merupakan prasyarat untuk menguasai
keterampilan yang lebih kompleks.
Berdasarkan analisis, rancangan program pelatihan ini perlu memusatkan
perhatian pada satu aspek perilaku yang lebih spesifik. Selain itu, generalisasi
penguasaan keterampilan yang dilatihkan memerlukan waktu yang lebih lama dan
perlu dilakukan secara bertahap pada setting yang berbeda-beda.

 File Digital: 1

Shelf
 T38126-Maria Herlina Limyati.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

Jenis Koleksi : UI - Tesis Membership
No. Panggil : T38126
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Program Studi :
Penerbitan : [Place of publication not identified]: [Publisher not identified], 2005
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan : LibUI ind rda
Tipe Konten : text
Tipe Media : unmediated ; computer
Tipe Carrier : volume ; online resource
Deskripsi Fisik : xii, 67 pages ; 28 cm + appendix
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
  • Sampul
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
T38126 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20369920
Cover