ABSTRAKPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses pengambilan keputusan untuk
mendengarkan radio pada dewasa muda dan aspek-aspek gaya hidup dan
demografi yang berhubungan dengannya. Penggabungan antara metode kualitatif
dan kuantitatif dilakukan dalam penelitian ini. Metode kualitatif berupa diskusi
kelompok terarah dan wawancara mendalam dilakukan untuk menyusun
kuesioner. Kuesioner disebarkan kepada 443 responden dan diolah dengan SPSS
versi 15 dengan menggunakan analisis cluster dan crosstab. Hasil kuesioner akan
dilengkapi dengan temuan-temuan data kualitatif.
Melalui penelitian ini ditemukan bahwa kelompok dewasa muda pendengar radio
yang potensial untuk diraih adalah kelompok pencari hiburan. Kelompok gaya
hidup yang berhubungan dengan kelompok ini adalah kelompok ordinary. Waktu
dengar juga ditemukan berhubungan dengan kelompok yang terbentuk
berdasarkan proses pengambilan keputusan. Dengan demikian, pihak manajemen
radio dapat memperhatikan karakteristik dari kelompok pencari hiburan lengkap
dengan karakter kelompok ordinary guna menyusun format program acara radio
dan bentuk promosi yang tepat sesuai dengan karakter dewasa muda yang menjadi
target pendengarnya.