UI - Tesis Membership :: Kembali

UI - Tesis Membership :: Kembali

Pengimbuhan derajat kesukaran butir soal sebagai pendifferensiasi mengukur kemampuan (penelitihan pada hasil aptitude test dan achievement test)

(Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2002)

 Abstrak

Mendifferensiasi merupakan satu tujuan penggunaan alat ukur. Angka pengukuran sebagai basil mengukur diharapkan memberikan representasi yang menggambarkan hal yang diukur.
Penelitian ini berupaya untuk meningkatkan kemampuan differensiasi alat ukur melalui pendekatan scoring. Dengan memahami bahwa alat ukur kemampuan memiliki parameter derajat kesulitan butir soal dan pada pendekatan klasik tidak digunakan sebagai bagian dari scoring. Di pihak lain, pendekatan teori modem membutuhkan pendekatan yang memerlukan kompetensi khusus dan belum dimiliki oleh sebagian besar pengguna alat ukur. Dengan mengasimilasikan pendekatan teori klasik dengan pendekatan items response theory peneliti berupaya untuk memperoleh kemungkinan tersebut.
Sampel ini berupa basil Achievement Test basil belajar pada mata kuliah Metode Observasi dan Wawancara tahun Akademik 2001-2002 Fakultas Psikologi Uiniversitas Indonesia, dan basil Aptitude Test dari Raven's Standard Progressive Matrices dari sejumlah klien yang memerlukan jasa pelayanan warid belajar di Fakultas Psikologi Universitas Indonesia.
Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan differensiasi kemampuan, namun perlu dipertimbangkan scoring yang merupakan gabungan pendekatan probabilistik dan data nominal .

 File Digital: 1

Shelf
 T38339-Gagan Hartana TB.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

Jenis Koleksi : UI - Tesis Membership
No. Panggil : T38339
Program Studi :
Penerbitan : [Place of publication not identified]: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2002
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan :
Tipe Konten :
Tipe Media :
Tipe Carrier :
Deskripsi Fisik : ii, 35 hlm. ; 30 cm. + lamp.
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
  • Sampul
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
T38339 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20370297
Cover