ABSTRAKTim merupakan hal penting dalam suatu pemsahaan untuk melakukan tugastugas
yang khusus. Tim terdiri dari sekelompok orang dengan kemampuan yang
berbeda dan memiliki komitmen untuk mencapgd tujuan dan kepentingan bersama.
Untuk dapat menjalankan tugasnya dengan baik, maka suatu tim perlu bekeija secara
efektif.
Penulisan Tugas Akhir ini bertujuan untuk membuat rancangan pelatihan Tim
Building yang akan digunakan untuk meningkatkan efektifitas tim pemasaran proyek
PTX.
Teori yang dirujuk sebagai dasar pembuatan rancangan pelatihan ini adalah
teori mengenai efektifitas tim, dan teori mengenai pelatihan, khususnya proses
menyusun rancangan pelatihan tim building dengan menggunakan model
pengembangan team dari drexler&Sibbet.
Analisis pemecahan masalah dari permasalahan yang dihadapi oleh PT X
menunjukkan bahwa tim pemasaran proyek belum beqalan secara efektif antara lain
karena kurangnya keija sama dan komunikasi antar anggota tim. Sehubungan dengan
hal tersebut, dibuatlah suatu rancangan pelatihan yang dapat digunakan oleh
pemsahaan untuk mengadakan pelatihan tim building bagi anggota tim pemasaran
proyek di PT X.
Usulan pemecahan masalah bempa pelatihan ini memperhatikan pada
identihkasi kebutuhan pelatihan, menentukan tujuan dan sasaran pelatihan,
menentukan format pelatihan, menentukan peserta pelatihan, menentukan isi program
atau materi pelatihan, menentukan metode penyampaian atau instruksi, menentukan
instruktur atau pelatih, serta membuatkomponenevaluasi.