ABSTRAKPenelitian ini dilakukan untuk mengevaluasi instrumen Y yang digunakan sebagai
alat seleksi psikologi calon didik instansi X. Instrumen Y, terdiri dari tiga subtes
yaitu kecerdasan, kecermatan, dan kepribadian. Dalam penelitian ini, evaluasi
akan dilakukan untuk menguji kembali validitas, réhabilitas, item tes dan juga
melakukan equaîing terhadap skor. Subtes kecerdasan ini memiliki empat paralel
tes yang telah digunakan dalam seleksi calon didik instansi X. Sampel dalam
penelitian ini dipilih secara random dengan jumlah total 1393 orang (697 berasal
dari peserta tes paralel B/PMJ B dan 696 dari tes paralel D/ PMJ D). Pengolahan
dilakukan dengan menggunakan pendekatan teori tes klasik (dengan ITEMAN)
dan item response theory (dengan LISREL 8.3, QUEST, dan BILOG-MG). Hasil
pengujian unidimensionalitas menunjukkan bahwa validitas konstruk kedua tes
paralel baik (model fit). Réhabilitas kedua paralel tes juga baik, yaitu dengan nilai
di atas 0.9. Hasil analisis a n eh o r items menunjukkan bahwa terdapat enam buah
item yang perlu dihilangkan. Peneliti kemudian mengusulkan item-item pengganti
yang diperoleh dari 37 item yang merupakan item-item yang telah dianalisis dan
dianggap baik. Dari hasil penyetaraan, ditentukan batas baru (untuk kepentingan
seleksi) yaitu menggunakan tetha sebesar -0.19308.