UI - Disertasi Membership :: Kembali

UI - Disertasi Membership :: Kembali

Ambiguitas genre dalam trilogi les romanesques Karya Alain Robbe-Grillet = The ambiguity of genres in the trilogy les Romanesques by Alain Robbe-Grillet

Joesana Tjahjani; Okke Saleha K. Sumantri Zaimar, promotor; Mina Elfira, examiner; Lily Tjahjandari, examiner; Manneke Budiman, examiner; Yati Aksa, examine; Sapardi Djoko Damono, 1940-2020, examiner; Nini H. Jusuf, examiner (Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2013)

 Abstrak

Les Romanesques merupakan trilogi karya Alain Robbe-Grillet, sineas dan sastrawan Nouveau Roman. Trilogi Les Romanesques terdiri dari Le miroir qui revient (1984), Angélique ou l'enchantement (1987), dan Les derniers jours de Corinthe (1994). Disertasi ini berusaha mengungkap cara penulis menggunakan teknik naratif dan naratologi serta intertekstualitas untuk mengacaukan genre teks. Landasan metodologis yang digunakan adalah pendekatan struktural dan semiotik, serta beberapa konsep dasar psikoanalisis. Analisis struktur teks, pengujaran, dan intertekstualitas memperlihatkan bahwa trilogi Les Romanesques mengacaukan realitas dan imajinasi, mengungkapkan konstelasi antara penulis trilogi, narator, dan tokoh rekaan penulis, serta ditemukannya leitmotiv yang muncul dalam Les Romanesques dan karya-karya Robbe-Grillet lainnya. Kesimpulan dari keseluruhan analisis memperlihatkan ambiguitas genre trilogi Les Romanesques, antara teks otobiografi, fiksi, dan esei.

Les Romanesques is a trilogy by Alain Robbe-Grillet, French film maker and writer of the Nouveau Roman. This trilogy is composed of Le miroir qui revient (1984), Angélique ou l'enchantement (1987), and Les derniers jours de Corinthe (1994). The dissertation is trying to unveil the narrative technique of the author, narratology, as well as intertextuality to confound the genre of the text. The methodologies applied are structural and semiotic approaches, plus several basic concepts of psychoanalysis. Analysis of the text's structure, narratology, and intertextuality, shows that the trilogy confuses reality and imagination, reveals a constellation between author, narrator, and the fiction character, and found leitmotivs appear in Les Romanesques and the other works of Robbe-Grillet. The conclusion of the analysis proves the ambiguity genre of the trilogy, between the autobiography, fiction, and essay.

 File Digital: 1

Shelf
 D1504-Joesana Tjahjani.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

Jenis Koleksi : UI - Disertasi Membership
No. Panggil : D1504
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Program Studi :
Subjek :
Penerbitan : Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2013
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan : LibUI ind rda
Tipe Konten : text
Tipe Media : unmediated ; computer
Tipe Carrier : online resource ; volume
Deskripsi Fisik : xv, 214 pages : illustration ; 28 cm + appendix
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
  • Sampul
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
D1504 07-24-18888030 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20373643
Cover