Rumah sakit merupakan suatu korporasi berbagai unit bisnis strategi - SBU (seperti instalasi rawat inap, poliklinik atau instalasi rawat jalan, gawat darurat, apotek sampai ke urusan pemulasaraan jenazah) yang berkembang menjadi suatu lembaga penyedia private-service, yang masyarakat harus membeli untuk mendapatkan layanannya. Dengan banyaknya pilihan rumah sakit masyarakat akan berhati-hati dalam mengeluarkan uangnya, dimana pelayanan atau jasa yang diberikan harus signifikan dalam harga. Pelayanan rumah sakit yang diminta masyarakat tersebut, memiliki 3 fungsi, yaitu fungsi sosial (fungsi untuk memenuhi harapan dan kebutuhan masyarakat pengguna layanan), fungsi teknis kesehatan (fungsi untuk memenuhi harapan dan kebutuhan masyarakat pemberi pelayanan) dan fungsi ekonomi (fungsi untuk memenuhi harapan dan kebutuhan institusi pelayanan). Ketiga fungsi tersebut sangat berperan dalam perencanaan strategis sistem informasi rumah sakit yang dapat menghasilkan informasi yang berkualitas dan kegiatan-kegiatan yang dapat memuaskan ketiga pihak di atas (customer/pasien, dokter/paramedik dan rumah sakit). Oleh karenanya perlu ada proses perencanaan strategis IS/IT yang matang. Proses perencanaan strategis IS/IT dengan menggunakan kerangka kerja Ward dan Griffiths, selain digunakan untuk merumuskan strategi IS/IT, juga akan dipakai untuk mengidentifikasi sistem informasi yang dibutuhkan rumah sakit. Hasil identifikasi ini dapat memberikan gambaran derajat keuntungan kompetitif penggunaan sistem informasi yang akan diimplementasikan. Dengan adanya perencanaan strategis IS/IT tersebut, rumah sakit akan mempunyai acuan pengembangan IS/IT yang dapat membantu pelayanannya kepada masyarakat secara lebih efisien dan efektif. Efisiensi dan efektifitas pelayanan yang memperhatikan nilai, norma dan etika sosial yang berkembang pada masyarakat, akan dapat meningkatkan kinerja manajemen dan profesionalisme pelayanan kesehatan saat pre-opname, opname dan post-opname pasien beserta kerabaUkeluarganya. Pelayanan tersebut pada akhirnya membuat produktifitas pada level korporasi, unit bisnis strategi dan unit fungsionalnya (keuangan, personalia, humas, EDP, dan kerumah tanggaan) dapat meningkat, serta masyarakat dapat menilai langsung apa yang diberikan rumah sakit kepadanya, sehingga rumah sakit dapat mempunyai semacam akuntabilitas (perhitungan).
A hospital is a corporation that consists of several Strategic Business Unit - SBU (such as opname installation, policlinic or nonopname installation, emergence installation, pharmacy installation and installation for the dead body of the patients), that may develop to be a private-service, where the society should buy to get the service. The society will be very careful in spending their money because of they are many hospitals they can choose, so a hospital must give services which are suitable to the prices. The hospital services asked by the society consist of three function, they are first social function (this function is to fulfill the need and the hope of the consumers), the second health technical function (this function is to fulfill the need and the hope of the service provider society), and the third economic function (this function is to fulfill the need and the hope of the service institutions). There functions of hospital service have an important role in a hospital information system strategic planning, that can give a qualify information output and activities that can satisfy those three sides above (costumers/patients, doctors/medical people and the hospital). Therefore the hospital services need a comprehensive IS/IT strategic planning process. The structure of IS/IT strategic planning process by Ward and Griffiths will be used to formulating the IS/IT strategic, and also for identifies output information system, which needed by the hospital. This output identification can give a description of competitive margin level that will be implemented. With an existing this IS/IT strategic planning, the hospital will have a direction for IS/IT development that can help the hospital services more efficient and effective. The efficiency and effectiveness of hospital services that concern to the social values, standards and ethics that extend in the society, will be improve management performance and health services professionalism while pre-opname, opname and post-opname to the patients and all of their family members in the hospital. Finally, the hospital services can make the productivity in the corporate level, strategic business unit and functional units (financial, human resources, public relation, EDP, and general affair) may be increased, and the society can judge directly to what the hospital has been given something for them, so that the hospital will have a kind of accountability.