Buku Klasik :: Kembali

Buku Klasik :: Kembali

Toean keboen dan petani : politik kolonial dan perjuangan agraria di Sumatra Timur 1863-1947 = Planter and peasant, colonial policy and the agrarian struggle in East Sumatera 1863-1947/ Karl J. Pelzer ; alih bahasa, J. Rumbo

Pelzer, Karl J.; Jiman S. Rumbo (Pustaka Sinar Harapan, 1985)

 Abstrak

Pada permulaan abad ke-20 Sumatra Timur atau daerah Deli terkenal dengan sebutan ’’daerah dolar”. Sebutan ini erat hubungannya dengan derasnya keuntungan yang mengalir dari hasil ondernem ing yang melimpah ruah. Namun nasib buruh dan penduduknya tidak selalu sejalan dengan kekayaan para pengusaha onderneming.
Para pengusaha ondernemirig itu sekaligus merangkap majikan, polisi dan hakim bagi buruh-buruh. Mereka tidak pemah puas dengan hanya mengeksploitasi hasil bumi, mereka juga mengaduk-aduk hukum adat setempat Demikianlah dolar yang bertaburan di daerah Deli hampir tidak menyentuh kehidupan rakyat jelata. Bahkan mereka menjadi budak di negerinya sendiri, dan menjadi penyewa di tanah waris nenek moyangnya.
Buku ini mengisahkan bagaimana rakus dan liciknya para pengusaha onderneming bersekongkol dengan raja-raja setempat merebut lahan pertanian Sumatra Timur dari sejengkal menjadi sehasta, dan dari sehasta menjadi sedepa, sampai akhimya penduduk kehilangan haknya sama sekali.
Suatu karya yang menggambarkan bagaimana usaha-usaha onderneming telah memporakperandakan pola pertanian tradisional, hukumm adat dan hak-hak waris tanah penduduk Sumatra Timur.

 File Digital: 1

Shelf
 Toean keboen dan petani, 1985.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

Jenis Koleksi : Buku Klasik
No. Panggil : K 325.3 PEL pt
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Subjek :
Penerbitan : Jakarta : Pustaka Sinar Harapan, 1985
Sumber Pengatalogan:
ISBN: []
Tipe Konten:
Tipe Media:
Tipe Carrier:
Edisi: []
Catatan Seri:
Catatan Umum: Judul asli : Planter and peasant, colonial policy and the agrarian struggle in East Sumatera 1863-1947
Deskripsi Fisik: 231 p. : ill., map. ; 21 cm.
Lembaga Pemilik: Universitas Indonesia
Lokasi: Perpustakaan UI, Lantai 2, Ruang Naskah
  • Ketersediaan
  • Ulasan
  • Sampul
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
K 325.3 PEL pt 01-14-000054 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20377745
Cover