UI - Tugas Akhir :: Kembali

UI - Tugas Akhir :: Kembali

Analisis kualitas minyak pelumas terhadap pengaruh lama kerja oli mesin SAE 20W-50

Eko Prasetio; Syafril Zulkifli, supervisor ([Publisher not identified] , 2006)

 Abstrak

Minyak pelumas merupakan fraksi berat dari produk distilasi minyak bumi
yang telah ditambah aditif untuk meningkatkan kualitas minyak pelumas sesuai
dengan kebutuhan peralatan. Pada dasarnya minyak pelumas berfungsi melapisi
dua buah permukaan yang bergerak sehingga dapat mengurangi gesekan. Minyak
pelumas yang ada di pasaran beragam jenisnya, sehingga dalam penggunaannya
disesuaikan dengan persyaratan komponen yang menggunakannya, karena
masing-masing minyak pelumas memiliki fungsi dan sifat-sifat tertentu untuk
dapat memberikan pelumasan yang optimal.
Dalam penggunaannya suatu minyak pelumas memiliki batas dimana
minyak pelumas telah kehilangan fungsinya sehingga mempengaruhi kemampuan
operasi dan efisiensi suatu mesin . Dengan memperhatikan hal tersebut diperlukan suatu analisis kelayakan minyak pelumas pada mesin sebagai tindakan
pencegahan yang mengarah kepada perawatan komponen yang dilumasi. Analisis
berkala dilakukan untuk mengetahui kerusakan minyak pelumas, benar tidaknya
penggunaan minyak pelumas, dan mengetahui ketidakberesan pada mesin ataupun
untuk diagnosa keausan yang terjadi pada komponen mesin.
Analisis berkala yang dilakukan yaitu Specific Gravity, Kinematik
viskosity, Total Bilangan Basa, kandungan logam-logam, Flash Point, Pour
Point,Colour, dan Viskosity Indeks.
Hubungan antara analisis minyak pelumas dengan keausan pada
komponen mesin adalah ditemukannya unsur-unsur logam pada minyak pelumas
bekas. Perubahan pada hasil analisis parameter lain dapat disimpulkan telah
terjadinya degradasi seperti oksidasi minyak pelumas, berkurangnya efektifitas
aditif dan juga telah terjadinya kontaminasi oleh produk hasil pembakaran bahan
bakar, partikel padat, maupun oleh air. Dari hasil pengujian terhadap minyak
pelumas SAE 20W-50, penggunaan minyak pelumas tersebut pada 1000 km
didapatkan beberapa parameter utama telah melewati batas yang dianjurkan dalam
Recommended Warning Limits for Engine Oil in Service oleh Cevron. Parameter
yang melewati yaitu Kinematik Viscosity at 400C telah terjadi penurunan sebesar
25.8 % dari penurunan 25 % yang dianjurkan, dan kadar metal yang melebihi
warning limits yakni hanya logam Si sebesar 26.94 mg/L dari batas yang
dianjurkan sebesar 25 mg/L. Sedangkan untuk parameter lain masih memenuhi
batas yang dianjurkan oleh Cevron.

 File Digital: 1

Shelf
 TA1515-Eko Prasetio.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Kata Kunci

 Metadata

Jenis Koleksi : UI - Tugas Akhir
No. Panggil : TA1515
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Program Studi :
Penerbitan : [Place of publication not identified]: [Publisher not identified], 2006
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan : LibUI ind rda
Tipe Konten : text
Tipe Media : unmediated ; computer
Tipe Carrier : volume ; online resource
Deskripsi Fisik : xiv, 87 pages : illustration ; 28cm + appendix
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
  • Sampul
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
TA1515 16-17-200647473 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20379724
Cover