[Penulisan ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari kepuasan konsumen terhadap
kesensitifan harga (price sensitivity) pada retail fashion dan accessories di Jabodetabek.
Secara spesifik, kepuasan konsumen dibagi menjadi dua yaitu kepuasan secara ekonomi
(economic satisfaction) dan kepuasan secara sosial (social satisfaction). Economic
Satisfaction diturunkan dari barang yang dibeli konsumen. Kepuasan secara sosial diturunkan
dari pelayanan dari pihak ritel. Penelitian ini dilakukan dengan survei terhadap 150
konsumen dan toko ritel dengan menggunakan metode dyadic sampling. Penulisan ini juga
membuktikan bahwa economic satisfaction berhubungan negatif dengan price sensitivity
sedangkan social satisfactioon berhubungan positif dengan price sensitivity. Adanya
hubungan interpersonal antara konsumen dengan pihak ritel mempengaruhi price sensitivity.
Hasil penelitian ini memberikan banyak implikasi bagi peneliti dan praktisi khususnya dalam
bidang ritel yang bergerak dalam bidang fashion dan accessories., This research shows the effect of customer satisfaction (economic satisfaction and social
satisfaction) on price sensitivity in retail fashion and accessories in Jabodetabek.
Specifically, satisfaction is divided into economic satisfaction derived from tangible product
and social satisfaction provided by service encounter. This survei of 150 retailer-consumer
dyads show that economic satisfaction is negatively associated with price sensitivity.
However, social satisfaction is positively related with price sensitivity, interpersonal
relationship emphasize in the Indonesian societies tend to influence customer’s price
sensitivity. These findings have many implication for researchers and practitioners in retail
sector.]